Proses Penggalian Sumur Gagal Total Di Desa Kademungan - TRIBUNUS.CO.ID

Proses Penggalian Sumur Gagal Total Di Desa Kademungan




Pasuruan,Jatim, tribunus.co.id - Penemuan sumber air jernih di desa Kademungan yang berada di dusun Tegalan desa kademungan Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan sempat menggemparkan warga sekitar. Warga setempat yang dikenal sulit dalam memperoleh air bersih itu pun banyak yang ngangsu (Mengambil air bersih: red) di rumah salah seorang warga desa Tegalan bernama Luchi.


Ditemui di lokasi, Luchi yang memiliki nama lengkap Mas Luchi kelahiran Lumajang,kepada media mengatakan bahwa dirinya mulai tinggal di desa Kademungan mulai tahun 2015.Mempersunting gadis desa setempat.

"Saya tinggal di desa Kademunganmulai tahun 2015,mas' katanya kepada wartawan. Dalam berumah tangga, masalah kami setiap hari adalah bagaimana cara kami bisa mengkonsumsi air bersih untuk memasak terutama, Karena air bersih sulit kami dapatkan.

"Tahun 2016 sampai tahun 2019 saya berupaya menggali sumur, kita menggunakan jasa tukang bor sumur saat itu.  Dan semuanya dengan biaya sendiri, mas. Mamun upaya kami dalam 4 bulan menggali, tidak berhasil, alat bor patah,"terang Mas Luchi.


Baca juga:  Keruhnya Air Sumur Di Desa Kademungan

Penggalian sumur dengan dengan menggunakan jasa tukang kembali dilakukan pada tahun 2018, Galian demi galian kembali dilakukan di tanah yang berbatu padas dan kapur desa Kademungan dusun Tegalan tersebut.

 Tak patah semangat penggalian pun terus dilanjutkan. Batu-batu yang menghalangi proses penggalian, tak menyurutkan semangat Mas Luchi.

Kali ini upaya Luchi kembali mengalami kegagalan, bor untuk penggalian pembuatan sumur kembali patah. Upaya pun terhenti untuk kedua kalinya. Mimpi pemuda ini memperoleh air bersih pun kandas.

Tahun 2019, Luchi kembali berupaya untuk mewujudkan mimpinya, dia kembali memulai upaya penggalian air aumur.  Walau banyak yang mencibir upayanya dalam melakukan penggalian air sumur (mustahil di desa Kademungan sumur airnya jernih), semua itu tak menyurutkan semangat pemuda yang kesehariannya berdinas di Batalyon Arhanud2/Kostrad dari Batrai Rudal ini melanjutkan perjuangannya menggali sumur.

(bersambung)


Baca Juga  : Proses Penggalian Sumur Gagal Total

Baca Juga  : Anggota Arhanud 2 Kostrad Berhasil Temukan Sumber Mata Air Jernih Desa kademungan
Loading...
Proses Penggalian Sumur Gagal Total Di Desa Kademungan Proses Penggalian Sumur Gagal Total Di Desa Kademungan Reviewed by admin dua on Senin, Februari 10, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar