-->

Himbauan Untuk Tunda Mudik Dalam Operasi Keselamatan Matoa 2020



TRIBUNUS.CO.ID - Polresta Jayapura Kota - Upaya menekan angka penyebaran virus corona (Covid-19) di Kota Jayapura, Satuan Lalulintas Polresta Jayapura Kota menggelar imbauan tidak mudik kepada para pengendara roda dua maupun roda empat di wilayah tanah hitam distrik Abepura. Kamis (16/4).

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd melalui Kasat Lantas AKP Junan Plitomo, S.Sos., MH mengatakan, ditengah situasi pandemi covid-19 seperti saat ini, kegiatan operasi sengaja dirancang berbeda dengan operasi Satlantas sebelumnya. Jika kegiatan operasi lantas seblumnya menitik beratkan pada titik nilai rawan.

"Namun, operasi keselamatan Matoa 202 kali ini ini difokuskan pada kegiatan preemtig (imbauan) dan preventif (pengendalian) tentang bahaya penyebaran covid-19 kepada pengendara, " Ujar AKP Junan.

Dijelaskan, meski mengedepankan preemtig dan preventif, penegakkan hukum tetap dilakukan hanya kepada pelanggar lalulintas yang berpotensi menimbulkan korban.

Selain itu juga kami menghimbau agar masyarakat tidak mudik melalui brosur yang kami berikan kepada setiap pengendara, tetap tinggal dirumah masing-masing untuk menghindari penyebaran covid-19 terutama dari daerah yang sudah terpapar atau dikategorikan zona merah, karena berpotensi membahayakan kesehatan keluarga,"jelasnya.

Ditegaskan AKP Junan, Operasi keselamatan Matoa 2020 juga bertujuan untuk menciptakan kondisi tertib bagi pengguna jalan menjelang Ramadhan dan lebaran 2020. "Kami mengimbau masyarakat tetap dan wajib memenuhi standar keselamatan dan kelengkapan berkendara sebab anggota yang bertugas tidak akan segan melakukan penegakkan hukum terhadap pengguna jalan yang melanggar peraturan lalulintas, " Tegasnya.

Kasat Lantas menambahkan pada operasi keselamatan Matoa 2020 ini, pihaknya akan menargetkan kegiatan preventif, terutama upaya meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan diri dan menerapkan sosial distancing maupun physical distancing, "imbuhnya. (*)


Penulis   : Andi

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama