-->

Kapolresta Ungkap Pembuatan Film Pendek dan Video Clip Sa Pu Cinta Dilockdown




Polresta Jayapura Kota - Film pendek dan video Polres Jayapura Kota “Sa Pu Cinta Dilockdown” terkait kampanye perangi corona dengan tetap di rumah saja, gunakan masker, dan jaga kebersihan diri mendadak viral di media sosial.

Film yang dikoordinir oleh Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R. Urbinas, SH.,S.IK.,M.Pd menarik perhatian netizen di dunia maya (media sosial).

Menurut AKBP Gustav, ide terbentuknya film pendek ini berawal saat melihat masyarakat yang masih saja bandel dan tidak serius mengikuti imbauan pemerintah dalam perangi virus corona ini.

“Ini juga merupakan maklumat kapolri serta imbaun Kapolda Papua, dan gugus tugas Kota Jayapura agar tetap menyosialisasikan imbauan kepada masyarakat,”ucap Kapolresta, Senin (20/4/2020).

Ia pun berpikir agar bagaimana masyarakat dapat menangkap pesan dengan cara yang lebih mudah diterima. “Muncullah ide untuk menyampaikan pesan ini dengan cara yang lebih santai, melalui seni musik dan film pendek,” tuturnya.

AKBP Gustav lalu berkoordinasi dengan Tim Kerja Covid-Resta Jayapura, untuk berkolaborasi dengan artis dan model lokal Papua. “Pesan saya untuk membuat konsep cerita kepada tim ialah tetap di rumah, sosial distancing, gunakan masker, jauhi kerumunan, dan rajin cuci tangan,” kata Kapolresta AKBP Gustav.

Tim kreatif yang dimotori oleh Epo D’fenomenno, Kapolresta meminta agar dibuatkan lirik-lirik lagu yang menyampaikan tentang imbauan-iimbauan untuk tetap perangi Covid-19 ini.
“Sebelumnya kita merancang film pendek yang hanya berdurasi 5 menit, dan itu sudah diluncurkan berjenis video musikal, dan diikuti oleh video klip lagu dari film pendek tersebut beberapa hari kemudian, ” ungkapnya.

Dengan lulusan S2 bidang Pendidikan kewarganegaraan di Universitas Cenderawasih ini mengakui ada banyak cara inovatif dan kreatif untuk bisa membentuk warga negara yang baik dengan cara yang bisa diterima.

Menurutnya, di masa pandemi yang mewajibkan masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, cara ini lebih efektif dengan memaksimalkan teknologi melalui media sosial dalam mengirim pesan berisi imbauan kepada masyarakat.

“Dan ternyata dengan cara ini cukup efektif. Terbukti ditangkap masyarakat secara luas lebih cepat. Terhitung sejak peluncuram hingga hampir seminggu ini, film edukasi maupun video clip tersebut telah dibagikan ribuan pengguna akun media sosial dan mendapat ratusan ribu penonton,” pungkasnya.

Kapolresta menuturkan, lagu Sa Pu Cinta DILOCKDOWN merupakan lagu baru karya Epo D'fenomeno, dimana saya mengambil bagian menyanyikan lagu rap berisi imbauan untuk masyarakat.

AKBP Gustav pun menambahkan, ke depannya tak menutup kemungkinan akan membuat karya baru dalam setiap moment seperti operasi kepolisian, pelaksanaan PON maupun Pilkada guna mensosialisasikan menjaga keamanan dan ketertiban. (*)


Penulis   : Andi

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama