Komsos Kreatif Kodim 0809 Kediri Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif dengan Festival Pencak Silat Tradisional - TRIBUNUS.CO.ID

Komsos Kreatif Kodim 0809 Kediri Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif dengan Festival Pencak Silat Tradisional






KEDIRI - Kodim 0809 Kediri kembali menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) kreatif triwulan, dengan menghadirkan para kelompok pecinta seni bela diri pencak silat tradisional usia remaja 13-17 tahun,  Dan hari ini berlangsung di Lapangan  Apel belakang Kodim 0809/ Kediri . Rabu (15/7).

Komsos yang bertemakan " Membentuk SDM Kreatif Inovatif dan Adaptif" yang diselenggarakan oleh Kodim Kediri ini dalam rangka wujud pelestarian salah satu budaya bangsa sekalugus sebagai wahana untuk menjalin komunikasi soasial antara prajurit Kodim dengan seluruh komponen masyarakat dan juga untuk menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme serta rasa cinta terhadap Tanah Air.


Acara Komsos Kreatif Kodim 0809 Kediri Triwulan tahun ini dihadiri sekitar 150 orang dengan tertib menjalankan protokol kesehatan , Hadir diantaranya Komandan Kodim 0809 Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno SE Msi (Han) , Kasdim 0809 Kediri Mayor Czi Gatot Palwo Edi, dan Ketua Umum Pengkab maupun Pengkot IPSI Kediri Gus Sholahudin, Ketua Harian IPSI Kediri bapak Siswanto ,Jajaran Danramil 0809 Kediri, Persatuan Silat Nasional (PERSINAS)  (Ampuh Sehat Aman Damai ) Kediri, Gerakan Aksi Silat Muslimin Indonesia (GASMI), Pagar Nusa Kediri, Para Pelatih dan anggota paguyuban Pencak Silat  Tradisional Kediri, Merpati Putih Kabupaten Kediri, PPS Asadahata Kota Kediri,Tapak Suci Kabupaten Kediri, dan Ketua Pertandingan bapak Muri.



Dalam festival pencak silat tradisional yang dilaksanakan oleh Kodim 0809 Kediri, unsur yang akan dinilai adalah kemantapan gerak, kwalitas dan kekayaan gerak, ketepatan serang bela dan penjiwaan gerak atau ekspresi.

Pertandingan diawali dengan kelompok berpasangan putra dengan putra,  putri dengan putri, dan terkahir campuran.

Dalam hal ini penyerahan medali dan piagam diberikan langsung oleh Dandim 0809/Kediri Letkol Kav Dwi Agung SE Msi (Han) , adapun penampilan terbaik dalam festival kali ini juara 1 diraih oleh berpasangan Putra dari Perguruan Pencak Silat GASMI Kota Kediri dan Juara 2 diraih dari Perguruan Pencak Silat PERSINAS Asad Kabupaten Kediri.

Kemudian pertandingan berpasangan Putri ,Juara 1 diraih oleh Perguruan Silat Pagar Nusa Kabupaten Kediri dan Juara 2 diraih oleh Perguruan Silat Merpati Putih Kota Kediri.

Sedangkan berkelompok Putra/Putri/campuran, Juara 1 diraih oleh Perguruan silat Asta Dahana Kota Kediri, Juara 2 diraih oleh Perguruan silat Persibas Asad Kota Kediri, dan  juara 3 diraih oleh Perguruan Silat Merpati Putih Kabupaten Kediri.


Dalam sambutannya Ketua Umum IPSI Kota Kediri Gus Sholahuddin menyampaikan terima kasih dan apresiasi luar biasa kepada Kodim 0809 Kediri yang telah menyelenggarakan event festival pencak silat tradisional tersebut, Ia berharap dengan diselenggarakan festival ini akan muncul bibit bibit atlit pencak silat tradisional dari Kediri.

Ia juga berharap dalam even ini kedepanya akan ada acara lanjutan festival ditingkat Kejuaran daerah maupun kejuaraan nasional ,harapanya yang juara berasal dari Kediri,"tutur Gus Sholahuddin.

Gus Sholahuddin berpesan kepada para peserta, silahkan tunjukan kemapuan kalian masing masing serta manfaatkan acara ini dengan sebaik mungkin, maka nantinya akan muncul bibit juara bangsa yang akan diwarisikan kepada bangsa Indonesia.

Lanjut Ketua Umum IPSI Kota Kediri Gus Sholahuddin, "Semoga komunikasi terjalin dengan baik dalam even pencak silat tradisional ini, dan Atas nama pencak silat dari perguruan manapun , mari kita saling menjaga dan jangan sampai lengah dalam kondisi apapun kita jaga ketentaraman Indonesia,"Pungkasnya.



Sementara dalam sambutanya Dandim 0809/Kediri yang dibacakan oleh Kasdim  Mayor Czi Gatot Palwo Edi menyampaikan," Alhamdulillah hari ini kita dapat mengikuti kegiatan turnamen pencak silat tradisional pada kegiatan komsos kreatif kodim 0809/Kediri dalam keadaan sehat walafiat.

Menurut Kasdim, masih banyak peserta yang berminat untuk mengikuti pelombaan ini namun karena adanya pandemic covid 19 terpaksa peserta harus dibatasi.

Dalam kegiatan ini ,harapannya bisa menangkal dominasi budaya asing , agar generasi muda bisa mengenal budaya sendiri,

Lebih lanjut Kasdim 0809 Kediri Mayor Czi Gatot Palwo Edi menyampaikan "Turnamen pencak silat tradisional ini diharapkan agar generasi muda mengetahui kegiatan TNI dan Bangga terhadap TNI, dan Kegiatan ini marilah kita jadikan sebagai motifasi untuk aktifitas berkreasi,"Ujar Kasdim 0809 Kediri.

Kami berharap masyarakat dapat terus melestarikan ,mengembangkan serta meningkatkan prestasi pencak silat tradisional untuk persiapan menuju perlombaan ditingkat lebih atas lagi dan untuk terus menumbuh kembangkan kecintaan akan kreatifitas dalam bidang seni bela diri ,khususnya pencak silat tradisional,"harapnya.

Kasdim berpesan, Karena ini masih dalam pandemic covid 19 ,maka saya sampaikan agar tetap mematuhi protokol kesehatan jaga keamanan utamakan keselamatan,

Selamat bertanding semoga turnamen ini dapat menghasilkan pesilat yang handal dan berprestasi ,tapi yang terpenting adalah junjung tinggi sportifitas dan utamakan faktor keamanan,sekaligus Kasdim membuka acara tersebut. ( KR )
Loading...
Komsos Kreatif Kodim 0809 Kediri Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif dengan Festival Pencak Silat Tradisional Komsos Kreatif Kodim 0809 Kediri Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif dengan Festival Pencak Silat Tradisional Reviewed by Bengkel on Kamis, Juli 16, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar