LSM Desak PT. Satoria Aneka Industri - TRIBUNUS.CO.ID

LSM Desak PT. Satoria Aneka Industri



Ratusan warga yang tergabung dalam Pembela Menuju Desa Mandiri ( PMDM ) bersama Aliansi Masyarakat Cinta Damai ( AMCD ) menggelar unjuk rasa di depan halaman pabrik PT. SATORIA ANEKA INDUSTRI yang berlokasi di jalan raya Pasuruan - Malang tepatnya di Desa Sambisirah Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan, Kamis ( 23/7/2020 ).

Warga yang tergabung di dua aliansi tersebut memprotes PT. SATORIA ANEKA INDUSTRI yang belum memenuhi standart dan merugikan masyarakat sekitar pabrik khususnya bagi para petani yang tanamannya rusak akibat aliran limbah dari pabrik tersebut.

Dalam aksinya Hanan selaku Ketua Umum Aliansi Masyarakat Cinta Damai menyampaikan kepada PT. SATORIA ANEKA INDUSTRI dengan beberapa tuntutan yang harus dipenuhi diantaranya :
- Perusahaan harus sesuai dengan PP Republik Indonesia Nomer 43 Tahun 2008 .
- Perda Kabupaten Pasuruan Nomer 15 Tahun 2013.
- Permohonan Surat Ijin Pengeboran ( SIP ).
- Dokumen UKL dan UPL.
- Dokumen AMDAL.
- Instalasi Pengelolahan Air Limbah ( IPAL ).
- Peraturan Rekrutmen berdasarkan UU Ketenaga kerjaan Indonesia."Ungkap Hanan.

Ditempat terpisah Ketua Umum Pembela Menuju Desa Mandiri ( PMDM ) Ujey juga menegaskan bahwa PT. SATORIA ANEKA INDUTRI belum pernah melakukan bhakti sosial  terhadap warga serta banyaknya pengangguran yang di alami warga sekitar karena tidak adanya peluang untuk kerja di perusahaan tersebut."Ujar Ujay.

Dari sikap dua aliansi yang mewakili dari ratusan warga tersebut akhirnya beberapa perwakilan diterima oleh perusahaan untuk berunding didalam ruangan pabrik namun masih belum ada titik temu karena dari pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Penanaman Modal tidak hadir sehingga dari perwakilan aliansi meminta minggu depan untuk audensi lagi.

Aksi unjuk rasa  tersebut dikawal ketat oleh Polsek Wonorejo dan Polsek Paserepan sehingga berjalan tertib dan aman.( MD )
Loading...
LSM Desak PT. Satoria Aneka Industri LSM Desak PT. Satoria Aneka Industri Reviewed by Bengkel on Kamis, Juli 23, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar