-->

Uji Nyali Peserta Penataran Kader Belneg Melaksanakan Caraka Malam



BARABAI - Sebanyak 35 peserta Penataran Kader Belneg (Bela Negara) tahun 2020 Kodim 1002/Barabai mengikuti kegiatan Caraka Malam.Rabu (05/8) malam.

Caraka malam mengambil route start di Aula Sapta Marga Kodim 1002/Barabai- jalan Padawangan - jalan Bintara - jalan Antasari - jalan Kartini - jalan Padawangan dan kembali ke Makodim 1002/Barabai,"terang Kapten Inf Moh.Alip Suroso selaku koordinator materi.

Lebih lanjut Kapten Inf Moh.Alip Suroso menuturkan bahwa kegiatan caraka malam ini untuk menguji nyali para peserta sambil membawa pesan untuk di sampaikan kepada pembina saat Finish yang sebelumnya melewati beberapa pos."imbuhnya.

Caraka malam sendiri adalah suatu teknik komunikasi yang digunakan oleh tentara di jaman dulu untuk kompilasi teknologi seperti telepon, sms, dan internet belum ada saat ini. Di mana tentara memberikan pesan oleh atasannya dan pesan tersebut harus disampaikan kepada tujuan dengan bantuan, halangannya, dan tantangannya. Pesan tersebut sangat rahasia dan tidak boleh dibocorkan kepada seseorang."tuturnya.

Selain itu dengan tidak menghilangkan makna dari kegiatan Caraka Malam, pada setiap pos peserta digali pengetahuannya tentang Bela Negara seperti tentang Tes Cinta Tanah Air, Kesadaaran Berbangsa dan Bernegara, Yakin Pancasila sebagai Ideologi Negara, dan Rela Berkorban demi Bangsa dan Negara. Peserta tidak diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan jika tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan tim Bela Negara yang dapat diterima di masing-masing pos. Peserta juga akan diumumkan jatuh jika membocorkan misi rahasia sebelum sampai pada pos terakhir.

Dengan keberadaan kegiatan Caraka Malam ini selain untuk membentuk jiwa-jiwa yang mandiri, pemberani dan dapat menanamkan loyalitas terhadap Bangsa dan Negara sebagai bentuk Bela Negara."tegas Kapten Inf Moh Alip Suroso.(pendim1002).

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama