-->

Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 Kodim 0718/Pati Tetap Dampingi Mahasiswa Untuk Dapatkan Wawasan Kebangsaan



Untuk memupuk kecintaan kepada Negara dan Bangsa, tidak henti-hentinya Kodim 0718/Pati memberikan materi Wawasan Kebangsaan diseluruh wilayah Kabupaten Pati.

Puluhan mahasiswa STTP (Sekolah Tinggi Tehnik Pati) mendapatkan pencerahan Wawasan Kebangsaan oleh Kepala staf kodim Pati Mayor Inf Much. Sholihin, S.Ag, M.Si yang diikuti oleh 37 orang mahasiswa OPK (Orientasi Pengenalan Kampus) dan 52 orang mahasiswa semester 3 dan 5 secara daring yang dipandu oleh Dosen STTP Nuri, M.Pd.Selasa,(15/09/2020).

Selain Kasdim Pati, kegiatan tersebut juga diisi oleh pemateri lainnya yakni dari Satgas anti narkoba Polres Pati, dosen Udinus dengan materi Sukses PKM (Praktek Kerja Mahasiswa) dan pemateri dari Universitas Peradaban.

Dalam materi Wawasan Kebangsaan yang disampaikan, Mayor Sholihin mengulas tentang sejarah terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dimulai dari jaman kerajaan Sriwijaya dan Majapahit tempo dulu serta faktor penyebab runtuhnya kerajaan besar Nusantara yang disebabkan oleh perang saudara.

Diahir materi Kasdim Pati juga berpesan serta memberikan semangat kepada para mahasiswa untuk tetap semangat dalam menghadapi kondisi saat ini terkait Pandemi Covid-19. “Kondisi ini merupakan kondisi yang tidak pernah dialami oleh generasi sebelumnya. Adik-adik mahasiswa mengawali perkuliahan dengan tehnologi, maka dari itu kita lihat dari sisi positifnya,”Ujar Kasdim.

“Maka manfaatkan tehnologi ini dan cari peluang positifnya. Jangan pernah mengeluh dengan kondisi saat ini dan jangan pernah melupakan karakter yang telah dibentuk oleh keluarga serta guru kita saat disekolah dan lingkungan kita,”

Menurut Kasdim ini akan memberikan makna kepada para mahasiswa semua. “Pembelajaran di Kampus itu dalam rangka mengembangkan karakter, maka temukanlah karakter kalian dan kembangkanlah di Kampus,”terang Sholihin.
 
Ditemui di Kodim Pati pada saat mendampingi kegiatan daring pagi tadi, Zaenal Abidin, S. ST, M.Kom dosen 3D ilustrasi dan desain multimedia STTP, bahwa Kampus STTP yang beralamatkan di Jl. Pati-Trangkil KM 4,5 desa Ngepungrojo kecamatan Pati berdiri sejak tahun 2018 dan sampai saat ini merupakan angkatan ke-3 dengan total jumlah mahasiswa lebih dari 120 orang.

“Terkait dengan pandemi covid-19 kegiatan Perkuliahan yang dilaksanakan saat ini semua dengan sistem daring (online) dengan memanfaatkan tehnologi seperti yang kita laksanakan hari ini yang diikuti oleh mahasiswa OPK yang bertujuan untuk pengenalan kampus kepada mahasiswa baru,”ungkapnya.

“Kebetulan hari ini saya mendampingi pak Kasdim yang memberikan materi tentang Wawasan Kebangsaan kepada mahasiswa. Kami berharap kerjasama ini dapat berlanjut kedepan sehingga terjalin kerjasama antara Kodim Pati dan STTP,”Kata Zaenal.(Snpt/Pendim)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama