Babinsa Selokgondang Ikut Sosialisasikan Pencegahan Penyakit DBD - TRIBUNUS.CO.ID

Babinsa Selokgondang Ikut Sosialisasikan Pencegahan Penyakit DBD


Lumajang, Pendim 0821 - Masyarakat diharapkan peduli terhadap kebersihan lingkungan, terutama kepedulian untuk mengantisipasi penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD), yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, mengingat sekarang ini sudah memasuki musim penghujan. 


Hal tersebut disampaikan oleh Babinsa Selokgondang Koramil 0821/02 Sukodono, Serka Imam Kudori saat mendampingi Petugas Kesehatan Desa, dalam kegiatan Penyuluhan dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), di Dusun Pohgunung      Desa Selokgondang Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (9/10/2020).


Imam Kudori menyampaikan, bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian Babinsa Koramil 0821/02 Sukodono dalam pelaksanaan pembinaan wilayah kepada masyarakat.


"Kami mengharap masyarakat lebih memperhatikan lingkungan, terutama saat musim hujan, utamanya di tempat-tempat yang dapat menampung air hendaknya sering melakukan 3M (menguras, menutup dan menimbun barang bekas, red), agar tidak menjadi sarang nyamuk yang menyebabkan  jentik nyamuk Demam Berdarah (DBD) berkembang biak ," ujar dia.


Sementara itu, Bidan Desa Selokgondang Pratidina Setyowati, Amd. Keb., menerangkan, bahwa dari 25 rumah yang diperiksa terdapat empat rumah yang terdapat jentik-jentik nyamuk dan sudah diberikan penyuluhan, agar segera menguras bak air kamar mandi setiap tiga hari sekali, agar tidak ada jentik-jentik nyamuk yang dapat menjadi penyebab penyakit Demam Berdarah. 


"ABJ (Angka Bebas Jentik,red) nyamuk di Dusun Pohgunung sebanyak 84℅ sehingga masih perlu adanya pemeriksaan lanjutan dan PSN melalui bersih-bersih lingkungan dan pemberian abate di bak air maupun tempat penampungan agar tidak ada lagi rumah yang ada jentik-jentik nyamuknya. (Pendim 0821/Fj)

Loading...
Babinsa Selokgondang Ikut Sosialisasikan Pencegahan Penyakit DBD Babinsa  Selokgondang Ikut Sosialisasikan Pencegahan Penyakit DBD Reviewed by tribunusantara on Sabtu, Oktober 10, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar