-->

Inspiratif, Bhabinkamtibmas Desa Siangan Ajarkan Penyandang Difabel Baca dan Tulis

 


GIANYAR - Polisi tidak hanya menjalani kewajibannya untuk mengamankan wilayah saja, akan tetapi tugas kepolisian juga untuk mengayomi masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Siangan Aiptu I Kadek Sumerta, dimama di sela-sela kesibukannya sebagai Bhabinkamtibmas di wikayah binaannya, ia menyempatkan waktunya untuk mengajar penyandang difabel baca dan tulis, Selasa (14/12/2021).


Aiptu I Kadek Sumerta mengajarkan warga penyandang diabel yang tinggal di Yayasan Bhakti Senang Hati Desa Siangan, dimana hal ini merupakan aktivitas rutinnya ketika memiliki waktu luang di sela-sela kesibukannya dalam menjalankan tugas sebagai aparat kepolisian.


Kali ini, Aiptu I Kadek Sumerta mengajarkan warga difabel ini tentang percakapan dan tata cara memberi salam. Akan tetapi, sebelumnya tetap di awal Bhabinkamtibmas mengingatkan tentang abjad untuk memeratakan kemampuan anak-anak terlebih dahulu, mengingat kemampuan dalam mengingat mereka tidak sama.


Mengajar baca tulis yang lakukan oleh Aiptu I Kadek Sumerta yang merupakan Bhabinkamtibmas Polsek Gianyar ini merupakan panggilan hati untuk membekali kemampuan  tentang baca tulis kepada warga difabel sehingga tumbuh semangat hidup, kemandirian dan mewujudkan kualitas hidup yang berkarakter.


Disamping hal tersebut mengajar baca tulis bertujuan mendukung Program pemerintah dalam mengentaskan buta aksara dimana tertuang dalam landasan pokok pendidikan Nasional adalah UUD 1945 Bab XIII Pasal 31 ayat (1) Yang menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran.

Warga Negara yang di maksud ialah seluruh warga Negara Indonesia termasuk warga Disabilitas.


"Saya di sela-sela kesibukan menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Yayasan Bhakti Senang Hati Desa Siangan ini untuk mengunjungi warga disabilitas yang ada di yayasan ini, sesekali saya ajarkan mereka seperti membaca dan menulis serta hal-hal positif lainnya," ujarnya.


I Nyoman Sukadana Ketua Yayasan Bhakti Senang hati mengatakan bahwa dirinya bersama warga Yayasan merasa sangat bersyukur memiliki Bhabinkamtibmas yang selalu memberikan perhatian, tidak hanya mengamankan wilayah Desa tapi juga peduli di bidang Sosial dan Pendidikan anak-anak Yayasan.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama