-->

Sigap, Polsek Blahbatuh Dan Masyarakat Evakuasi Cabang Pule

 


Polres Gianyar Polsek Blahbatuh-Intensitas curah hujan yang cukup tinggi disertai tiupan angin yang cukup kencang di kecamatan Blahbatuh akhir-akhir ini menyebabkan beberapa gangguan nyata timbulnya bencana.


Senin/6 Desember 2021, Guyuran hujan tiada henti sejak kemarin, menyebabkan patahnya Cabang Pohon Pule di Pura Dalem Desa Adat Buruan yang jatuh menutupi jalan raya Udayana Buruan.Otomatis jalan utama penghubung menuju arah Ubud tersebut terhalang dan sempat menimbulkan kemacetan.


Mendapatkan informasi, Polsek Blahbatuh dipimpin Kanit Samapta AKP I Dewa Nyoman Suana dan Pawas Ipda Ida Bagus Agung Wiratama,S.H. sigap mendatangi TKP.Bersama BPBD Kabupaten Gianyar dan masyarakat melakukan evakuasi membersihkan jalan dari runtuhan dahan.


Sebagaimana dituturkan oleh I Wayan Nuraga, Bendesa Adat Buruan bahwa patahnya cabang pohon Pule yang dikeramatkan masyarakat setempat tidak sampai menimbulkan kerugian materi maupun korban jiwa."Patahnya cabang disebabkan oleh hujan lebat, cabang yang sudah rapuh tidak dapat menahan berat daun, ujarnya.


"Kami sangat berterima kasih atas upaya dan kesigapan Polsek Blahbatuh, BPBD Gianyar dan warga, meskipun hujan masih mengguyur tetap semangat hingga akhirnya evakuasi berjalan dengan lancar, tambahnya.


Kapolsek Blahbatuh Kompol I Ketut Suharto Giri,S.H.,M.H. membenarkan kejadian tersebut.” Kami menerjunkan Mobil Dinas PRC Unit Samapta bersama sejumlah personel.Mobil dinas  telah dilengkapi perlengkapan pertolongan pertama siaga bencana, Astungkara kesigapan semua pihak membantu lancarnya proses evakuasi, ucapnya.


Menyikapi cuaca ekstrem saat ini, Kapolsek Suharto Giri menambahkan bahwa perlengkapan bencana tetap disiagakan dan mengharapkan masyarakat untuk tetap waspada dalam beraktifitas.”Dalam melaksanakan kegiatan di musim penghujan saat ini, tentunya kewaspadaan agar lebih ditingkatkan, selain prokes pencegahan covid-19 tak boleh diabaikan, tandasnya.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama