-->

Kelurahan Kandangsapi ikuti lomba kelurahan berkembang mewakili kecamatan pangungrejo

 


Pasuruan tribunus.co.id - Kota Pasuruan sebagai kota yang berkembang tentu tidak lepas dari peran kelurahan. Untuk melihat perkembangan kelurahan yang ada di Kota Pasuruan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan Kota menggelar  Lomba Kelurahan berkembang Tahun 2022  tingkat kota. 


Kali ini giliran Kelurahan Kandangsapi yang berkesempatan untuk mewakili Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan untuk mengikuti lomba tersebut. Penilaian lomba tersebut dilaksanakan pada hari ini, Senin (28-3-2022) bertempat di Pendopo dan halaman Kelurahan setempat.



Ketua Tim perlombaan Patriot M.B mengatakan,"tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk melihat profil kelurahan yang ideal sesuai dengan perkembangan nyata.


“Lomba tersebut juga untuk melihat kelurahan mana saja yang nantinya dapat menjadi lab site atau kelurahan percontohan di masing-masing wilayah di Kota Pasuruan.


Sementara pelaksanaan evaluasi perkembangan Kelurahan dilaksanakan secara berjenjang, dimulai dari tingkat Kecamatan, tingkat Kota sampai dengan provinsi.


Menurutnya evaluasi atau lomba kelurahan ini tidak hanya ditujukan untuk meraih hasil akhir, tetapi jauh lebih penting dari itu, adalah agar kinerja dan sinergi aparatur pemerintah dan masyarakat dapat terjalin dengan baik dan berkesinambungan.


Evaluasi perkembangan kelurahan ini juga sangat relevan dengan program pembangunan yang sedang dijalankan Pemkot Pasuruan Kota saat ini, yakni menjadikan Kecamatan dan Kelurahan sebagai pusat layanan masyarakat sebagai bentuk perbaikan kualitas pelayanan publik.


Ia menambahkan jika evaluasi perkembangan kelurahan merupakan salah satu upaya untuk memotivasi dan mengukur kinerja aparatur pemerintah dan partisipasi masyarakat dalam rangka menyempurnakan data administrasi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di lingkup kelurahan. 


“Selain itu,juga sebagai bentuk upaya peningkatan daya saing, inovasi dan motivasi kelurahan dalam memberdayakan berbagai potensi di lingkungannya” katanya.


Pada kesempatan ini Lurah Kandangsapi Totok Suharijanto S.E memaparkan,"Dengan adanya progam lomba ini ,kami memiliki inisiatif,serta bertujuan bisa membantu mengenalkan serta memasarkan Home Industri produk unggulan yang dibuat warga Kelurahan Kandangsapi kepada seluruh masyarakat lain,"tegas Totok


Adapun produk-produk ungulan seperti Rambak, renginang, dan kue kering lainnya,adapun produk daur ulang seperti aqurium,bunga,rompi,vas bunga yang terbuat dari plastik.


tentang situasi yang ada di kelurahannya tersebut, selain prestasi, juga masyarakat di Kelurahannya banyak melakukan  inovasi, sehingga kawasan sekitar menjadi lebih dikenal,"Harapnya.


(Ndre/Abi)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama