-->

Tim Evaluasi Lapangan Berseri Provinsi Jawa Timur Di Kota Pasuruan Tahun 2022


Pasuruan, Tribunus.co.id - Program BERSERI merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam mewujudkan Desa/Kelurahan yang Bersih dan Lestari.



Dengan melibatkan semua pihak mulai dari perangkat Desa/Kelurahan, RW dan RT, Ibu-Ibu PKK serta seluruh lapisan masyarakat,sehingga ada kebijakan Desa/kelurahan yang peduli lingkungan, membangun budaya ramah lingkungan dalam memanfaatkan dan mengelola sumberdaya alam serta mengembangkan kemampuan dan kebersamaan dalam mengelola lingkungan.



Dalam capaian BERSERI Jawa Timur tersebut, terdapat beberapa kategori, yaitu Pratama, Madya dan Mandiri.


Masing-masing kategori tersebut, penilaiannya terdiri dari beberapa kriteria, antara lain, pemilahan sampah, kompos, bank sampah, penataan tanaman jalan, kader dan warga lingkungan yang aktif, serta produk unggulan.


Pada 2022 ini, salah satu kelurahanKandangsapi di Kota pasuruan, Kecamatan Panggungrejo yang masuk dalam daftar Berseri Tingkat Provinsi Jawa Timur kategori Madya adalah Kelurahan kandangsapi. Dengan melibatkan 2 (Dua)RW dan 10(Sepuluh) RT, salah satu diantaranya adalah RT 05 RW 01.


Totok Suharijanto S.E selaku Lurah Kandangsapi Kota Pasuruan Menyampaikan," dalam pembukaan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar dalam upaya pengelolaan lingkungan yang akan berkelanjutan.


“Dulunya di sini tersebar sebagai pemukiman. Hal ini yang ada di Kelurahan dan Kecamatan serta warga sekitar untuk mengubah perilaku masyarakat,” katanya menjelaskan.


Melalui beberapa diskusi yang melibatkan tokoh masyarakat, dapat dilihat hasilnya bahwa kawasan ini telah menjadi kawasan edukasi. Di setiap rumah masyarakat sudah ada tanaman yang menggunakan bahan bekas dari kaleng cat, bungkus deterjen, botol bekas, dan lain-lain.


Disela-sela waktu setelah penilaian lomba BERSERI (16-3-2022) siang tadi, Bapak Lindri ketua RT 05 RW 01 menghimbau agar semua warga harus berperan aktif dalam pengelolaan lingkungan masing-masing.



“Karena ketika lingkungannnya bersih dan lestari, yang merasakan juga warganya sendiri.” katanya.



" Ada pula Karangkitri ARJUNO Guyub, Aman, Gotong royong, Asri, Hijau(GAGAH), tempat khusus tanaman pangan, pembibitan, serta pengembangan tanaman yang dikelola dan dimanfaatkan warga sekitar.


Untuk perawatan Karangkitri itu sendiri kita sepakat untuk membuat jadwal piket,"tambahnya.



Ketujuh desa/kelurahan tersebut didatangi oleh tim evaluasi lapangan yang berasal dari (Dinas lingkungan Hidup Kebersihan dan pertamanan)DLHKP Provinsi Jawa Timur dan praktisi lingkungan didampingi tim dari DLHKP Kota Pasuruan.


(Ndre)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama