-->

Kapolresta Jadi Narasumber di Bukber Lintas Pemuda Kota Jayapura


Polresta Jayapura Kota,- Bertempat di Kediaman Ketua LMA Port Numbay (Obhe Warke) Jl.Raya Abepantai - Tanah Hitam Distrik Abepura Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK., M.Pd hadir sebagai Narasumber Kegiatan Buka Puasa bersama dan Diskusi Lintas Pemuda, Kamis (7/4) Sore.


Giat Diskusi Lintas Pemuda tersebut mengangkat Tema "Kolaborasi dan spirit kaum muda untuk pembangunan di kota Jayapura" yang dikoordinir oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Jayapura Nawal S. Kotarumalos serta diikuti sekitar 50 Pemuda dan Pemudi.


Turut hadir Rektor IAIN Fatahul Muluk Papua Prof.Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag., M.Si, Asisten I Setda Kota Jayapura Evert N. Meraudje, S.Sos, M.Si, Kasat Intelkam Polresta Jayapura Kota AKP Beddu Rachman, Sekretaris LMA Port Numbay Hanggua Rudi Mebri, Tokoh Pemuda LMA Port Numbay Silas Thom Rumbewas, S.T dan perwakilan Organisasi-organisasi Kepemudaan (OKP) di Kota Jayapura.


Rangkaian kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Diskusi yang dimoderatori oleh Charly selaku anggota HMI Cabang Jayapura.


Dalam materi awal, Asisten I Setda Kota Jayapura Bpk. Evert N. Meraudje, S.Sos., M.Si menyampaikan yang intinya, peran pemuda bagi kami Pemerintah adalah Mitra strategis dalam pengembangan pembangunan kota Jayapura, berbagai program telah diikutkan baik di masa-masa yang lalu, masa kini dan masa mendatang.


"Saya mau lebih konkrit kepada pemuda dengan cara Pemerintah memfasilitasi beberapa organisasi pemuda dalam menyiapkan dana-dana hibah bagi OKP untuk mendukung kegiatan-kegiatan dan itu dananya disesuaikan dengan dana Pemkot Jayapura. Hal ini membuktikan bahwa Pemerintah memandang Pemuda sebagai calon pemimpin yang perlu disiapkan secara baik untuk sebuah masa depan yang disiapkan suatu waktu yang akan mengambil alih kepemimpinan di Pemerintahan," ujarnya.


Lanjutnya, Ini yang harus dikembangkan dalam forum-forum di Kota Jayapura karena Kota Jayapura adalah barometer Provinsi Papua, kalau pemuda Indonesia yang bagus dan mempunyai perasaan kebangsaan yang hebat Maka itulah cerminan Papua ke depannya, Mungkin itu gambaran kami dari pemerintah terkait Pemuda.


Sementara itu, KBP Gustav selaku Kapolresta Jayapura Kota menegaskan, untuk konsep keamanan, Kota Jayapura adalah ibukota provinsi Papua yang merupakan Barometer ataupun bisa dikatakan sebagai tolak ukur untuk beberapa daerah yang lain di Papua


"Untuk itu kami disini dalam sisi keamanan dari Polresta Jayapura kota senantiasa mengawasi, membimbing dalam hal pencegahan terhadap kejahatan, juga perlu dilakukan penindakan hukum karena semua sudah tahu dengan aturan aturan atau norma-norma yang berlaku," pungkasnya.


Lebih lanjut KBP Gustav menuturkan, Untuk itu kami melakukan program pencegahan dengan lebih kepada memberikan kesadaran hukum terhadap pentingnya ketertiban dan keamanan pada diri sendiri, lingkungan dan diseluruh lingkup Kota Jayapura.


Ia pun berharap, seluruh elemen masyarakat harus bergandengan tangan menjaga supaya kota ini tetap tertib, damai dan kondusif sehingga semua bidang pembangunan di Kota Jayapura bisa berjalan.


Selaku perwakilan Adat, Sekretaris LMA Port Numbay juga angkat bicara dengan menyampaikan, tema kolaborasi dan spirit yang diimplementasikan dalam kehidupan, bagi saya bicara soal kolaborasi dan spirit ini merupakan suatu organisasi yang mana ada satu visi dan misi.


"Untuk itu harus bisa mendapatkan peran secara baik kalian juga harus mempunyai kemampuan membangun dan menganalisis kondisi sosial politik di Kota Jayapura. Momentum-momentum seperti bulan Ramadan ini adalah momentum universal yang bisa dipakai dan diberikan makna dalam rangka memainkan peran universal dari para pemuda," tandasnya.


Rangkaian giat dilanjutkan dengan diskusi antara para pemuda-pemudi dengan Narasumber yang dihadirkan dan berlangsung serius dengan mengangkat peran pemuda dalam bingkai Pembangunan di Kota Jayapura dan diakhiri dengan Buka Puasa Bersama.(*)


Penulis : Subhan

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama