-->

Pertahanan Negara, Perkuat Komcad Kodim 0903/Bulungan Laksanakan Pembinaan Calon Komcad

 


TANJUNG SELOR -  Pendaftaran komponen cadangan (Komcad) telah dimulai 1 Maret-8 Mei. Hingga saat ini  sudah ada 24 orang telah terdaftar  di Kodim 0903/Bulungan. 


Komcad dari instansi dan perusahaan yang ada di wilayah Kodim 0903/Bulungan ini juga sudah mendapatkan pembekalan   di Makodim 0903/Bulungan. 


Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Akatoto  mengakui bahwa animo masyarakat mendaftar Komcad di Bulungan cukup tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah pendaftar di Kodim 0903/Bulungan.

"Pembentukan Komcad ini  untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama TNI untuk menghadapi segala bentuk ancaman militer maupun non militer guna mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dan keselamatan segenap bangsa," kata Dandim kepada media usai memberikan pembinaan kepada calon Komcad, Selasa (5/4/2022). 


Setelah melalui tahap pendaftaran, para peserta Komcad akan menjalani tes untuk selanjutnya mengikuti latihan dasar militer. Adapun konsep bela negara melalui Komcad ini  untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama dalam menghadapi ancaman militer.  Hal itu sesuai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

"Sekarang ini masih ada waktu sebelum seleksi. Jadi, manfaatkan waktu sebaik mungkin dengan menyiapkan fisik maupun kesehatan, isi waktu  dengan berolahraga, jaga faktor keamanan dalam setiap kegiatan sehari-hari sebelum mengikuti seleksi. Jangan sia-siakan kesempatan emas ini, saya harapan dalam seleksi nanti kalian bisa diterima semua," ungkapnya. 


Dijelaskan, apabila sedang dalam keadaan non aktif, anggota Komcad akan menjadi warga negara biasa seperti profesinya sehari-hari. Seperti, masyarakat, ASN, mahasiswa, atau lainnya. Sehingga bisa disimpulkan Komcad adalah pendukung dari komponen utama TNI.

"Saya berharap setelah pemberian pengarahan ini para calon siswa Komcad bisa lebih mempersiapkan diri sebelum memasuki tahap seleksi," harapnya. 


Untuk diketahui, ada beberapa peryataran yang harus dipenuhi calon Komcad. Setelah syarat terpenuhi, selanjutnya akan mengikuti rangkaian tahapan selanjutnya. Yakni, seleksi administrasi dan seleksi kompetensi.

"Peserta yanh  dinyatakan lulus akan menjalani pelatihan dasar," bebernya. 


Selama menjalani latihan dasar,  calon anggota Komcad akan memperoleh uang saku, perlengkapan perseorangan lapangan, tunjangan operasional pada saat mobilisasi, rawatan kesehatan, serta perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan dari Kementerian Pertahanan. Komcad diharapkan mampu mempunyai bela negara," ungkapnya.


Tahun ini, kuota untuk Kodam VI/Mulawarman sebanyak 500 orang. Nantinya, peserta akan mengikuti pelatihan di Resimen Induk Daerah Militer (Rindam). "Kita bersyukur  sudah bisa mendaftar. Pembentukan Komcad ini akan dilakukan bertahap. Harapan kami komcad ini sebagai komponen cadangan di daerah. Kita bekerja untuk negara dan menjadi contoh untuk perusahaan lainnya untuk mendukung bela negara melalui Komcad," ungkapnya. 


Sejauh ini, dari PT Citra Sawit Lestari sudah 8 orang yang mendaftar Komcad. Satpol PP 8 orang dan instansi lainnya 8 orang. "Jadi, untuk sememtara baru 24 orang. Perusahaan yang lainnya belum ngirim. Tetapi, dari kodim sudah bersurat untuk mengirimkan karyawannya  mengikuti Komcad," bebernya. 


Sementara itu, General Manager PT CSL, Thomas menyatakan dukunganya terhadap program Kpmcad. Karena itu, diharapkan adanya bimbingan dari  Kodim. 

"Semoga anggota kami  bisa masuk dalam Komcad. Kami minta arahannya agar bisa selalu  berbuat yang terbaik," singkatnya.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama