-->

Pasca Hujan Mengguyur HST, Babinsa Monitoring Wilayah

 


BARABAI-Babinsa Kodim 1002/HST melaksanakan monitoring wilayah pasca hujan yang mengguyur  di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.


Hal tersebut dilakukan oleh Serda Slamet Buadi Babinsa Koramil 1002-06/Barabai yang mempunyai wilayah binaan di bantaran sungai Barabai.Rabu (04/5).


Monitoring wilayah ini sebagai upaya deteksi dini terhadap segala kemungkinan apabila bencana banjir terjadi,"terang Serda Slamet Buadi.


Kami bersama BPBD Kab.HST melakukan monitoring aliran sungai Barabai pasca hujan dengan intensitas sedang yang terjadi di daerah hulu atau pegunungan Meratus,"katanya


Memang ada kenaikan debit air, akan tetapi masih batas normal, namun kami tetap menghinbau kepada warga agar waspada tapi jangan panik apabila banjir datang,"tambahnya


Sementara itu hasil monitoring dilakukan Unit Intel Kodim 1002/HST, untuk Kecamatan Hantakan di daerah pegunungan sedang diguyur hujan deras bisa kemungkinan air sungai akan naik, 


Aliran sungai mengalami kenaikan akan tetapi masih batas normal, namun cuaca di wilayah Hulu Sungai Tengah hingga berita ini turunkan masih mendung dan berpotensi akan turun hujan kembali.


Sementara itu Dandim 1002/HST Letkol Kav Gagang Prawardhana.S.I.P.,M.Han melalui Plh.Pasiopsdim 1002/HST Kapten Inf Andi Tiro menghimbau kepada masyarakat yang ada ditempat wisata sungai dan yang berada di pinggiran sungai manggasang, pulau mas, pagat batu benawa, agar selalu waspada dan berhati hati karena di gunung sedang diguyur hujan, bisa kemungkinan air sungai akan naik.


Mengingat  saat ini masih suasana mudik lebaran sehingga banyak warga masyarakat yang mau berlibur ke daerah wisata sungai dan cuaca hujan agar para Babinsa menghimbau kepada pengelola wisata sungai dan lainya serta masyarakat agar selalu waspada dan hati hati agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan,"tutupnya.(pendim1002)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama