-->

Kapolresta Bersama Forkopimda Kunjungi Tenda-tenda Pengungsian Bencana Alam

  


Polresta Jayapura Kota,- Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si bersama Forkopimda lakukan pengecekan ke Posko-posko Pengungsian bencana alam yang ada di Kota Jayapura, Sabtu (18/2) Pukul 22.30 WIT.


Kepada insan pers Kapolresta KBP Victor Mackbon mengatakan, pihaknya bersama-sama melakukan pengecekan ke Posko-posko untuk memastikan data yang masuk di Posko Induk Tanggap Darurat sesuai dengan keadaan di lapangan.


"Ada lima titik yang dikunjungi yang ada di Distrik Jayapura Selatan dan Distrik Jayapura Utara, kami cek langsung ke lapangan apakah jumlahnya sesuai atau tidak dengan data yang di input ke kami. memang ada selisih, namun disebabkan karena situasi dan kondisi warga yang berani pulang ke rumah, tersisa warga yang tinggal di lereng dan pantai yang ada di tenda-tenda pengungsian," ujarnya.


Lebih lanjut kata Kapolresta, pihaknya juga mengecek logistik seperti bahan makanan, dimana warga merasa puas atas layanan Pemerintah yang didapat.


Terkait sanitasi atau lingkungan, warga di tenda-tenda sangat mengerti hingga tidak ditemukan adanya penyakit di lokasi yang dikunjungi. "Sidak yang kami lakukan ini kiranya dapat memberikan masukan kepada Pimpinan untuk situasi tanggap darurat harus dilanjutkan hingga 21 hari atau sebelumnya dan dilakukan upaya-upaya mitigasi terkait bencana," tambahnya.


KBP Victor Mackbon juga menuturkan, ada juga masukan terkait rumah-rumah yang mengalami rusak berat dan masih tinggal di tenda, kiranya hal tersebut dapat menjadi rekomendasi kepada Pemerintah untuk mengambil langkah-langkah.


"Namun pada prinsipnya apa yang diberikan oleh Pemerintah melalui instansi-instansi terkait dan sumbangan dari masyarakat semuanya tepat sasaran. Kami intens lakukan evaluasi setiap hari agar Pemerintah bisa mengambil langkah yang tepat dalam rangka pemulihan atay rehabilitasi sarana dan prasarana yang rusak berat," sambungnya.


Mantan Kapolres Jayapura ini juga menambahkan, ada beberapa titik yang tendanya sudah dirapihkan karena sementara ini tidak dibutuhkan, ini juga merupakan indikator, bila data warga pengungsi berkurang.


"Kita berharap tenda-tenda ini setiap harinya bisa berkurang, berarti upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah bersama warga yang terdampak terkomunikasikan dengan baik dan semunaya berjalan sesuai tujuan dan harapan kita bersama," pungkas KBP Victor Mackbon selaku Wakil Komandan Posko Tanggap Darurat Pemerintah Kota Jayapura.(*)


Penulis : Subhan

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama