-->

Kapolsek Payangan, Pantau Pembuatan Ogoh Ogoh dan Ajak Peran Aktif Pemuda Jaga Keamanan Rangakian Kegiatan Nyepi



Gianyar - Kapolsek Payangan AKP I Nengah Sona, S.H didampingi Kanit Binmas dan personil Polsek Payangan melakukan pemantauan terhadap pembuatan Ogoh-ogoh di 9 (sembilan) Desa yang ada di wilayah Kecamatan Payangan (Senin 20/3).


Dalam giat pantauan kesejumlah Desa,  Kapolsek Payangan juga bertemu  dengan warga masyarakat yang didominasi para pemuda yang sedang merampungkan  ogoh -ogoh yang akan diarak besok menjelang pengerupukan kemudian dialogis kamtibmas serta mengajak warga untuk bersama sama menjaga keamanan rangkaian Hari raya Nyepi tahun Caka 1945.


"Ya, Kami temui STT ( Sekaha Teruna teruni ) kemudian menyampaikan imbauan kepada semua STT, agar saat pengerupukan nanti, dalam pengarakan ogoh-ogoh dapat dilaksanakan dengan tertib, sebelum atau saat mengarak Ogoh-ogoh jangan mengkonsumsi minuman keras/minuman beralkohol, supaya tidak lepas kendali,"  himbau  Kapolsek Payangan


Selain memberikan imbauan, Kapolsek Payangan juga melakukan penilaian terhadap Ogoh-ogoh diseluruh Kecamatan Payangan dan nantinya bagi pemenang akan mendapatkan Piala tetap dari Kapolsek Payangan. 


Adapun kriteria penilaian Ogoh-ogoh tersebut meliputi ;

- Keindahan/kerapian ogoh-ogoh

- Penggunaan bahan untuk membuat ogoh-ogoh.

- Ketertiban saat dari awal pembuatan ogoh-ogoh.

- Ketertiban pelaksanaan pengarakan ogoh-ogoh saat pengerupukan.


"Untuk para pemenang nantinya akan diumumkan setelah pelaksanaan hari Raya Nyepi tahun Caka 1945, karena penilaian juga menyangkut akan  ketertiban saat pengarakan ogoh-ogoh tentunya juga mendapat perhatian penting dalam penilaian," jelas Kapolsek Payangan.


Sementara  kedatangan Kapolsek Payangan tersebut mendapat apresiasi dari semu STT dimasing-masing Desa se-Kecamatan Payangan, karena kriteria penilaian ogoh-ogoh oleh Kapolsek Payangan tersebut bisa membuat mereka akan lebih tertib dalam melakukan pengarakan ogoh-ogoh supaya bisa menjadi pemenang. 


Giat penilaian dan pengecekan pembuatan ogoh-ogoh oleh Kapolsek Payangan di masing-masing Desa se-kecamatan payangan tersebut berjalan dengan aman dan lancar.  (*)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama