-->

Jelang Penyucian, Pataka Polda Bali Tiba Di Pura Bukit Darma Durga Kutri, Desa Buruan



GIANYAR BLAHBATUH-Menjelang prosesi Penyucian, Pataka Polda Bali "Sura Dwipa Sarvabhavena" tiba  di Pura Bukit Darma Durga Kutri Desa Buruan, Kec. Blahbatuh, Kab. Gianyar, Jumat Pagi/23 Juni 2023.


Bendera Pataka Polda Bali yang dikawal oleh PJR Polda Bali No.Pol. 126020  XI dengan lambung 6115, dalam rangka Penyucian Bendera Pataka Polda Bali terkait HUT Bhayangkara 77 Tahun yang akan dilaksanakan hari ini pukul 19.00 wita.


Dalam mengamankan jalannya kegiatan Polsek Blahbatuh menerjunkan sejumlah personel dipimpin langsung oleh Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama,S.H.


Sebagai informasi Upacara Penyucian Pataka, yakni mencuci panji-panji Korps Bhayangkara. Upacara tersebut menjadi tradisi wajib sebelum peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara pada 1 Juli mendatang.


Upacara Pencucian Pataka Polda Bali merupakan upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata .Lokasi penyucian Pataka di Pura Bukit Dharma Durga Kutri yang dijadikan sebagai cagar budaya. Selain karena keindahannya, pura ini juga memiliki nilai historis yang juga menarik untuk diketahui.


Nilai historis tersebut tercermin pada peninggalan purbakala berupa arca kuno, struktur dari pura ini yang memiliki pola yang berundag – undag (teras berundag), dan batu-batu candi yang salah satunya berbentuk pintu. Oleh karena itu pura ini disebut-sebut merupakan Padharman dari Ratu Gunapriyadharmapatni atau Mahendradatta.  (*)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama