-->

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Bale Kulkul Polres Tabanan Oleh Kapolres Tabanan


Tabanan-Rabu ( 29/11/2023 Puku 13.00 wita s/d 14.20 wita bertempat di Mako Polres Tabanan berlangsung Upacara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Bale Kulkul Polres Tabanan oleh Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes ,S.H.,S.I.K.,M.H.


Hadir dalam giat peletakan batu pertama pembangunan Bale Kulkul antara lain, Bupati Tabanan Diwakili Sekda Kab. Tabanan, Ketua DPRD Kab. Tabanan, Waka Polres Tabanan, Kadis PUPRKP Pemda Tabanan, PJU Polres Tabanan, Kapolsek jajaran Polres Tabanan, Perbekel Desa Delod Peken, Bendesa Adat Kota Tabanan, Kelian Adat Banjar Sakenan Baleran, Kontraktor 


Adapun sambutan Kapolres Tabanan pada intinya menyampaikan ucapan Puji dan syukur kita panjatkan kasih karunia Rahmat dan Asung kerta Nugraha kita bisa berkumpul dan diberikan kesesatan untuk berkumpul disini, terimakasih kepada tamu undangan yang telah hadir dalam acara Peletakan Batu Pertama dalam Pembangunan Bale Kulkul Polres Tabanan.


Sebelum melanjutkan sambutannya Kapolres Tabanan melempar satu pantun, 

" Menanam Bawang putih di Desa Megati ubi lengkuas dalam bakul, 

Terimakasih papak Bupati telah menghibahkan Bale Kulkul"


Kemudian Kapolres Tabanan melanjutkan sambutannya, bahwa upacara peletakan Batu pertama pembangunan Bale Kulkul Polres Tabanan dilaksanakan sebagai awal dimulainya pembangunan Bale Kulkul Polres Tabanan dan juga sebagai wujud semangat dari Kepolisian Resor Tabanan dalam membangun pondasi yang kuat guna menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif sebagai mana makna Bale Kulkul yang akan di bangun.


Adapun makna filosofi yang terkandung didalam Bale Kulkul adalah sebagai alat komunikasi komunal untuk Segala kegiatan organisasi bersifat adat di Bali, Bale Kulkul tidak bisa lepas dari keadaan sosial dan budaya masyarakat di bali,  sejak zaman dahulu digunakan sebagai alat komunikasi, untuk mengingatkan masyarakat akan kegiatan dalam organisasi kemasyarakatan suara kulkul memiliki kode kode tertentu yang telah disepakati oleh seluruh anggota banjar sehingga informasi dapat tersampaikan atau tersambung dengan jelas.


Ditambahkan oleh bapak Kapolres adapun tujuan dibangunnya Bale Kulkul di Polres Tabanan yang diinisiasi Kapolres Tabanan adalah sebagai bentuk pelestarian adat dan budaya serta kearifan lokal yang masih ajeg/kuat dibalik khususnya di Kabupaten Tabanan, dan juga sebagai simbul kerukunan dan keharmonisan personil Polres Tabanan dalam menjalankan Swadarma ning agama dan swadarma ning negara dibawah pimpinan Kapolres Tabanan untuk senantiasa bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat termasuk tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat didalam mengelola Kamtibmas di Kabupaten Tabanan.


Diakhir sambutannya Kapolres Tabanan mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada bapak Bupati Tabanan yang telah memberikan Hibah pembangun bale kulkul kepada Polres Tabanan, semoga pelaksanaan pembangunan kedepannya berjalan dengan lancar.


Sambutan kedua dari Bendesa Adat Kota Tabanan, dimana sebelum menyampaikan sambutannya juga melempar satu pantun "Pagi-pagi makan soto babat ke Bualu" Doa kami dari Bendesa adat semoga Bapak Kapolres Tabanan sehat selalu.


Adapun sambutan dari Bendesa Adat Kota Tabanan pada intinya bahwa suatu kehormatan atas kepercayaan kepada saya yang telah diberikan undangan untuk hadir dalam peletakan batu pertama pembangunan Bale Kulkul di Polres Tabanan semoga dengan berdirinya Bale Kulkul ini Sebagai simbul Polri yang dekat dan bersinigritas dengan adat dan masyarakat Bali khususnya di Kab. Tabanan.Karna bale kukul ini adalah simbul ataupun tanda sebuah kegiatan di adat masyarakat Bali.


Sedangkan sambutan dari Bupati Tabanan Dalam Hal Ini Diwakili Oleh Sekda Kab. Tabanan pada intinya mengucapkan bahwa rari ini kita diberikan anugrah bisa kumpul bersama dalam upacara peletakan Batu Pertama pembagunan Bale Kulkul Polres Tabanan, perlu kita ketahui bersama bahwa Bale Kukul adalah bagian terpenting sebagai alat Kordinasi/penghubung dari adat Bali yang sudah dipergunakan dari zama dahulu, dari bunyi Kentungan Kulkul dapat mengartikan peristiwa ataupun tanda - tanda tertentu di Bali.

 

Kami berharap dengan dibangunnya  Bale Kulkul ini menjadi tolak ukur bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat termasuk tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat didalam mengelola kamtibmas di kabupaten tabanan Serta untuk membangun dan memajukan Kota Tabanan yang kita Cintai.


Selesai sambutan dari Sekda Kabupaten Tabanan acara dilanjutkan dengan Peletakan Batu Pertama oleh Kapolres Tabanan Dan Sekda Kab. Tabanan, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan dan Bendesa Adat Kota Tabanan. 


Acara terakhir dilaksanakan sesi Poto bersama.


( Humas Polres Tabanan )

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama