-->

Terjun Langsung Ke Sawah, Babinsa Kodim 1002/HST Dampingi Petani Olah Lahan


BARABAI-Babinsa Desa Banua Jingah, Koramil 1002-06/Barabai Serka Abdul Hamid bersama Kelompok Tani (Poktan) Maju Bersama  melaksanakan kegiatan penyiapan lahan pertanian seluas 1 hektar dan perawatan bibit padi jenis Siam Empare. Minggu (24/12/2023).


Serka Abdul Hamid mengatakan, kegiatan pendampingan kepada petani ini sebagai upaya untuk mendukung tercapainya program swasembada pangan nasional, Babinsa  Kodim 1002/HST secara intensif melakukan pendampingan kepada para petani di wilayah binaan.”ujarnya


“Pengolahan lahan dilakukan dengan membalik tanah dari lapisan bawah ke permukaan dengan tujuan agar terjadi proses pertukaran aliran udara, sehingga air dapat meresap dan langsung dapat sinar matahari.


Tahapan ini sangat penting karena dapat  mempengaruhi pertumbuhan tanaman, jika penyiapan lahan persemaian bagus maka bibit akan tumbuh dengan subur,” jelasnya.


Lebih lanjut  Serka Abdul Hamid menyampaikan, selain pengolahan lahan dan persemaian, jenis dan varietas bibit tanaman padi serta perawatan juga dapat menentukan hasil panen.


Menurutnya, dalam budidaya padi, benih padi yang bagus atau varietas yang unggul cenderung lebih tahan terhadap hama dan penyakit, pertumbuhan yang bagus, waktu panen lebih singkat, hasilnya memuaskan dan optimal.


“Dengan persiapan yang matang diharapkan akan dapat meningkatkan hasil panen yang maksimal saat panen tiba,” pungkasnya.(pendim1002).

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama