-->

Program "Mekendang " Satuan Polairud Polres Tabanan di Pura Luhur Tanah Lot Kediri


Tabanan-Rabu  ( 13/3/2024 ) mulai pukul 06.00 wita, Personil Polairud Polres Tabanan   melaksanakan Giat Program *"Mekendang (Melasti, Mulang Pekelem dan Ngayah)*  di Pura Luhur Tanah Lot Kediri  Tabanan.


*"Mekendang merupakan Istilah atau Kependekan ( Singkatan )  dari Kegiatan Masyarakat  khususnya Adat Bali dalam melaksanakan   Kegiatan Melasti, Mulang Pekelem dan Ngayah* serta diadopsi oleh Satuan Polairud Polres Tabanan dalam program atau bentuk pemberian pelayanan kepada masyarakat  guna  menciptakan harkamtibmas.


Program *Mekendang (Melasti, Mulang Pekelem dan Ngayah)*  yang saat ini dilaksanakan oleh Satuan Polairud Polres Tabanan adalah *Ngayah* yaitu melaksanakan  Pengamanan Serangkaian Pujawali / Piodalan di Pura Luhur Tanah Lot Kediri Tabanan yang jatuh  pada hari  ini  *Buda Wage Langkir*  Rabu  tanggal 13  Maret 2024 sampai dengan "Nyineb" pada hari Sabtu tanggal 16 Maret 2024


Dalam kesempatan tersebut,  Personil Satuan Polairud Polres Tabanan  bersinergi life guard, Panitia  dan Pecalang  melaksanakan Pengamanan serta Dialogis dan memberikan himbauan  kepada Panitia dan warga masyarakat adat ( peserta) untuk berhati - hati serta memperhatikan keselamatan dan menjaga keamanan mengingat gelombang air laut dalam keadaan  pasang.


Untuk mengantisipasi air laut yang dalam keadaan pasang, Satuan Polairud Polres Tabanan dan Life Guard menyiapkan Rubber Boat untuk menyeberangkan Pemangku, Panitia dan Pengempon Pura melaksanakan prosesi persembahyangan di Pura Luhur Tanah Lot Kediri Tabanan.

Sedangkan untuk Para Pemedek atau warga masyarakat disarankan untuk melaksanakan Persembahyanyan di Pura Peyawangan mengingat air laut pasang.


Kegiatan *"Program Mekendang yaitu Ngayah* yang dilaksanakan oleh Personil Satuan Polairud Polres Tabanan mendapatkan apresiasi dan ucapan terima kasih dari  Panitia, Pengempon Pura dan Warga Masyarakat  Desa Adat  yang melaksanakan kegiatan Persembahyangan di Pura Luhur Tanah Lot Kediri Tabanan.


( Humas Polres Tabanan )

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama