-->

Tingkatkan Pemeliharaan Caesar, Armed 12/Kostrad Gelar LDS



Ngawi - Yonarmed 12/Kostrad dipercaya sebagai Satuan Artileri yang memiliki Alat Utama Sistem Senjata pertahanan yang canggih dan modern, yaiti Meriam 155 mm Caesar. Meriam tersebut, merupakan salah satu Alutsista andalan yang dimiliki oleh Satuan di bawah kepemimpinan Mayor Arm Ronald, F. Siwabessy.

Lettu Arm Donny menjelaskan, Latihan Dalam Satuan (LDS) seperti yang digelar saat ini, merupakan salah satu latihan di luar siklus latihan rutin reguler (Proglatsi) guna memelihara, sekaligus meningkatkan kemampuan perorangan teknis prajurit dalam memelihara Caesar.

 “Latihan dalam Satuan ini, rencananya akan digelar selama 10 hari dengan rangkaian kegiatan yang menjadi 2 tahap yang meliputi teori dan praktek,” ujar Lettu Donny, Perwira Seksi Operasi Yonarmed 12/Kostrad. Jumat, 15 Februari 2019.

 Pelaksanaan teori dan praktek itu, kata Lettu Donny, terbagi pada masing-masing pos koordinator materi, atau guru militer (Gumil) pada tahap I.

“Untuk tahap II, digelar pelaksanaan materi praktek. Pelaksanaan kali ini istimewa karena dilakukan bersamaan dengan kegiatan Techinal Assistance Meriam  Caesar yang disupervisi dari teknisi Nexter, Perancis, harapannya prajurit Armed dapat mengeksplorasi ilmu sebanyak-banyaknya langsung dari ahlinya” tandasnya.

 Terpisah, Danyonarmed 12/Kostrad, Mayor Arm Ronald menjelaskan, Meriam 155 Caesar, merupakan salah satu Alutsista kebanggaan  Artileri Medan (Armed) TNI-AD.

“ Sistem meriam tersebut, sudah otomatis dan terkomputerisasi sehingga memiliki perbedaan yang siknifikan jika dibandingkan dari meriam lama, yang masih bersifat manual,” ungkap Danyonarmed 12/Kostrad.

Saat ini, kata Mayor Arm Ronald, terdapat beberapa personel yang telah cukup profesional membidangi maintenance meriam tersebut. Sebelum ditugaskan untuk membidangi meriam itu, para personel tersebut terlebih dahulu diwajibkan untuk mengikuti kursus ataupun penataran.

“Akan menjadi suatu hal yang sia-sia jika kita sudah memiliki Alutsista yang modern dan canggih, namun kita tidak tahu cara merawatnya,” tegasnya.

 Dengan digelar latihan itu, Mayor Ronald berharap jika nantinya prajurit Yonarmed 12/Kostrad mampu menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik dan lebih profesional.   [Red]

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama