'Darma Wacana' Oleh Ketua PHDI Buleleng di Pura Manik Mas Subandar Kodim 1609/Buleleng



Singaraja - Kodim 1609/Buleleng menerima Darma Wacana dari Ketua PHDI Kabupaten Buleleng, dalam rangka pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941 lalu, pada Purnama Kedasa, Rabu (20/3) di Pura Manik Mas Subandar Kodim 1609/Buleleng.

Bertepatan dengan Purnama Kedasa, Darma Wacana di sampaikan oleh Bapak Dewa Nyoman Suardana, S.Ag Pemuput jero mangku Nyoman Suardana.  Hadir saat pelaksanaan Kasdim 1609/Buleleng, Mayor Kav Nyoman Arya Jayantara, Pasi Ops Kapten Inf Gede Dekan, Pasi Intel Kapten Inf Made Suartina, Danramil Seririt Kapten Inf Wayan Nada, Pasi log Lettu Inf Ketut Redita.

Dharma Wacana dari PHDI Buleleng disampaikan Dewa Nyoman Suardana, S.Ag. Menggaris bawahi bagaimana umat menyikapi hari yang suci ini dengan mengendalikan diri sesuai dengan catur tapa brata yakni umat diharapkan mampu memadamkan api dalam diri.

"Mampu menetralisir jiwa kita, oleh karenanya jiwa yang telah dinutrisi, yang telah mendapatkan kekuatan dewata maka akan mampu memancarkan sifat sifat kedewataan, disanalah manusia yang tadinya sebagai danawa, berubah menjadi manawa," paparnya.

Dengan memaknai catur brata penyepian yaitu amati geni, amati karya, amati lelungaan dan amati lelanguan, catur brata  tersebut dimulai dari pukul 06.00 wita pada hari Kamis lalu. (Kodim 1609/Buleleng)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.