-->

Bersama Bupati dan Forkopimda, Dandim Pati Hadiri Sedekah Laut




Pati, Jateng, tribunus.co.id  - Bertempat di Dermaga Samping rumah Hj. Silah Desa Bendar Rt 02 Rw 04 Kec. Juwana Kab. Pati telah dilaksanakan Prosesi Ritual Larung Sesaji Sedekah laut Juwana Tahun 2019. minggu 16/06/2019

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Bupati Pati ( H. Haryanto, SH MM M.Si ), Dandim 0718 Pati ( Letkol Arm. Arief Darmawan, S.Sos ), Kapolres Pati ( Akbp. Jon Wesley Aryanto, SIK ), Wakil Bupati Pati ( H. Saiful Arifin ), Anggota DPRD Pati ( H. Jamari, S.H ), Kepala Syah Bandar Juwana ( Ir. Dedi Junaidi ), Camat Juwana ( Drs. Sugiyono, MM ), Danramil 02 Juwana ( Kapten Inf Sriyanto ), Kapolsek Juwana ( Akp. Eko Pujiyono ), Kades Bendar, Bajomulyo, Kedungpancing, Bumirejo, Trimulyo
m.

Ketua Panitia Sedekah Laut Desa Bendar H. Rasmijan mengatakan rangkaian acara prosesi Larung Sesaji sedekah laut Juwana di mulai dengan kirab budaya dengan Start Lapangan Kendali Sodo Desa Bendar. Kirab ini diikuti dari berbagai daerah dengan menampilkan miniatur kapal dan Sesaji yang akan dilarung, rombongan Seni Barong. Marching Band dari SDN Bendar, Grub Aerobics Hok'a Hok'e oleh Ibu-ibu Desa Bendar, Grub Sehat Ceria oleh Ibu-ibu  Desa Bendar serta berbagai elemen masyarakat untuk menyemarakkan acara ini.
" Kegiatan ini merupakan tradisi yang dilakukan oleh 5 Desa Nelayan di wilayah Kec. Juwana yakni Desa Bendar, Bajomulyo, Kedungpancing, Bumirejo, Trimulyo," Katanya.

Bupati Pati H. Haryanto, SH MM MSi, yang turut hadir dalam acara mengatakan Kita orang Jawa tidak dapat meninggalkan adat serta budaya Jawa, diantaranya Larung sesaji. Perkembangan Nelayan baik di Desa Bendar dan Bajomulyo sangat luar biasa tidak hanya 100% melainkan bisa 200% dengan ekonomi saat ini.
" Untuk itu kita wajib bersyukur kehadirat Tuhan YME atas segala rahmadNya dan yang penting kita juga harus menjaga ekosistem laut untuk masa depan anak dan cucu kita," Ungkap Haryanto

Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan, S.Sos yang hadir mendampingi Bupati turut antusias mengikuti rangkaian acara ini.
" Kegiatan Sedekah Laut ini merupakan bentuk syukur dan tujuan larung sesaji agar Allah SWT memberikan keselamatan, rejeki yang berlimpah serta di berikan kemudahan," Ungkap Arief.




Puncak acara larung sesaji ini adalah penyerahan sesaji dari lima Kades kepada Bupati Pati dan dilanjutkan dengan penyerahan sesaji kepada Panitia untuk dilarung  ke Laut dengan menggunakan dua buah kapal tambang yang telah disiapkan oleh panitia dengan pengawalan dari Personil Syah bandar, Kamla, Koramil 02/Juwana, Polsek Juwana, serta Sat Pol Airud Polres Pati.

Juwana memang dikenal sebagai kota nelayan dan kota pelabuhan dengan letak geografisnya yang berada di pinggir laut Jawa. Juwana juga salah satu pelabuhan nelayan yang ada di wilayah Pati yang sangat besar dalam menyumbang perekonomian warga Pati. (sol/pdmpati).

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama