Danramil 01/Cilacap : Sebagai Komponen Bangsa, Kita Harus Memiliki Nilai Kebangsaan, Nasionalisme dan Bela Negara




Cilacap, Jateng, www.tribunus.co.id  - Di era globalisasi saat ini, segenap komponen bangsa harus memiliki rasa cinta yang tinggi terhadap tanah airnya, memiliki wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara dalam rangka menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Demikian yang disampaikan Danramil 01/Cilacap Kapten Kav. Nur Shohib Ansori saat membuka kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan komponen masyarakat di Aula Koramil 01/Cilacap, Jln. S. Parman Kelurahan Sidanegara Kecamatan Cilacap Tengah, Jum'at (28/6/19).

Hal itu tentunya selaras dengan tema pada kegiatan ini yaitu "Melalui Silaturahmi Dengan Komponen Masyarakat, Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Dalam Rangka Membantu Kesulitan Rakyat Serta Menjaga dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI”.

Menurut Danramil, ancaman kita saat ini bukan merupakan ancaman militer atau ancaman perang, namun lebih kompleks. Untuk itu diharapkan segenap komponen bangsa memiliki nilai-nilai kebangsaan, nasionalisme dan bela negara karena dalam perspektif Ketahanan Nasional, ketiga elemen dasar tersebut merupakan prasyarat yang harus dibina secara dini, terus menerus, terpadu dan berkelanjutan.

" Nasionalisme dan bela negara bukan merupakan retorika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, namun harus mampu diwujudkan dan diimplementasikan secara nyata oleh seluruh komponen bangsa, utamanya kalangan intelektual muda," kata Danramil.

Selain itu, kepada segenap komponen masyarakat khususnya di wilayah binaan Koramil 01/Cilacap, Danramil mengajak agar selalu proaktif terhadap segala hal yang berkembang di wilayahnya, tidak mudah terprovokasi dan selalu berperan aktif dalam berbagai kegiatan atau pembangunan demi kemajuan bangsa dan negara.

Sambutan lain juga disampaikan Kapolsek Cilacap yang dalam hal ini disampaikan oleh Babinkamtibmas Tegalkamulyan, Aiptu Rizal, yang mengajak kepada segenap komponen masyarakat untuk selalu bersinergi dalam menjaga situasi keamanan wilayahnya agar tetap aman dan kondusif. Sementara dari pihak Pemerintah Kecamatan melalui Kasi Trantib S. Prey juga menyampaikan hal yang sama.

Diakhir kegiatan Danramil memberikan Cindera mata kepada perwakilan peserta kegiatan Komsos yaitu dari Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Ormas dan Pramuka.

(Urip)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.