TNI AU Se Aceh Ziarah Makam Pahlawan Jelang Hari Bhakti TNI AU



Aceh Besar, Aceh,  www.tribunus.co.id  -  TNI Angkatan Udara se-Aceh melaksanakan ziarah rombongan di makam pahlawan sebagai rangkaian kegiatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara Ke-72 yang jatuh 29 Juli nanti, dimana Lanud Sultan Iskandar Muda, Lanud Maimun Saleh, Satrad 233 Paskhas Sabang dan Kipan C Yonko 469 Paskhas Banda Aceh melaksanakan ziarah rombongan di Makam Sersan Mayor Penerbang Udara Maimun Saleh, Aneuk Galong, Aceh Besar. Minggu (28/7).

Turut hadir dalam rombongan ini Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos., LO Kodam Iskandar Muda Kolonel Tek Chaeruman, Kadisdikbud Kabupaten Aceh Besar Dr. Silahuddin, M.Ag., Danlanud Maimun Saleh Letkol Pnb Yudha Irawan, Ketua PIA AG Cab. 16/D.I Lanud Maimun Saleh Ny. Trisa Yudha Irawan, Dansatrad 233 Sabang Mayor Lek Firmansyah, Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 003 Satrad 233 Sabang Ny. Ellysa Firmansyah, Dankipan C Yonko 469 Paskhas Kapten Pas Gerry Kurniawan, Ketua PIA AG Anak Ranting 002-03-4/G.IV Ny. Yulita Gerry Kurniawan, Ketua Perhimpunan Putra Putri Angkatan Udara (P3AU) Ibu Emilia dan keluarga besar Sersan Mayor Penerbang Udara Maimun Saleh.

Ziarah ini sebagai penghormatan dan mengenang penerbang pertama asal Aceh yaitu Sersan Mayor Penerbang Udara Maimun Saleh yang telah gugur sebagai kusuma bangsa pada 1 Agustus 1952 ketika menerbangkan pesawat intai Auster IV-R-80. Acara diawali dengan penghormatan atas dedikasi semangat Alm. Maimun Saleh terhadap TNI Angkatan Udara dan mengheningkan cipta, kemudian dilanjutkan dua personel Lanud Sultan Iskandar Muda sigap membawa karangan bunga kehadapan pimpinan ziarah dan berjalan bersama ke makam dan diletakan Danlanud Maimun Saleh Letkol Pnb Yudha Irawan kemudian dilanjutkan tabur bunga seluruh pejabat yang hadir.

Sekilas mengenai Sersan Mayor Penerbang Udara Maimun Saleh, seorang putra Aceh yang lahir di Aneuk Galong, 14 Mei 1929. Kemudian pada 1949, Maimun Saleh diterima menjadi murid sekolah penerbangan di Koetaradja (Banda Aceh) yang dipindahkan ke sekolah penerbangan di Kalijati tahun 1950 dan berhasil memperoleh ijazah sebagai penerbang kelas 3 pada tahun 1951. Setelah itu, Maimun Saleh masuk Skadron IV (pengintai darat) dan ikut serta dalam semua operasi udara yang menjadi tugas tanggung jawab kesatuannya. Namun pada tanggal 1 Agustus 1952, Maimun Saleh yang menerbangkan pesawat intai Auster IV-R-80 mengalami kecelakaan dan gugur sebagai kusuma bangsa.

Saat berziarah, Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro ARief H., S.Sos., mengatakan bahwa makam dan rumah Sersan Mayor Penerbang Udara Maimun Saleh merupakan peninggalan sejarah yang harus dijaga, dirawat kelestariannya agar anak cucu kelak mengetahui salah satu Pahlawan TNI Angkatan Udara berasal dari Aceh. “Namanya pun sudah menjadi salah satu nama Pangkalan TNI Angkatan Udara yang terletak di Kota Sabang, kiranya dengan ziarah rombongan ini menjadi awal yang baik antara TNI Angkatan Udara dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk bersama-sama melestarikan salah satu cagar budaya ini,” katanya.

Senada dengannya, Kadisdibud Kabupaten Aceh Besar mengapresiasi gagasan Danlanud Sultan Iskandar Muda karena Makam Sersan Mayor Penerbang Udara Maimun Saleh sudah termasuk cagar budaya kabupaten Aceh Besar. “Saling bersinergi merawat cagar budaya merupakan yang baik untuk melestarikan sejarah dan dapat menjadi tempat kunjungan para pelajar maupun wisatawan guna mengenal salah satu penerbang TNI Angkatan Udara yang merupakan putra daerah Aceh,” katanya seraya menyampaikan agar seluruh masyarakat Aceh, khususnya Aceh Besar mengetahui bahwa salah satu pahlawan TNI Angkatan Udara ada yang berasal dari Aceh dan makamnya pun berada di daerah Aceh Besar.

Selanjutnya pemberian tali asih secara simbolis dari TNI Angkatan Udara di wilayah Aceh kepada keluarga besar Alm. Sersan Mayor Penerbang Udara Maimun Saleh kemudian ramah tamah dan bincang-bincang dalam mempererat kekeluargaan.

Untuk di wilayah Lhokseumawe, Dansatrad 231 Lhokseumawe Mayor Lek Ardi Yunarko beserta Ketua IKKT Anak Ranting 001 Satrad 231 Lhokseumawe Ny. Siska Ardi Yunarko didampingi Dankipan B Yonko 469 Paskhas Lhokseumawe Kapten Pas Syam Khaqim beserta Ketua PIA Ardhya Garini Anak Ranting 001-03-4/G.IV Ny. Della Aprela Widaswara Kipan B Yonko 469 Paskhas Lhokseumawe dan personelnya melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Lhokseumawe yang berlangsung dengan khidmat dan lancar.

Penlanud IM

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.