Paradah Siman, Prasasti Bersejarah Di Kediri Ini Kondisinya Sangat Memprihatinkan




KEDIRI,TRIBUNUS.CO.ID - Prasasti Siman atau Prasasti Paradah orang menyebutnya. Terletak di area pekarangan warga dengan kondisi lingkungan yang kurang terawat. Bukti fisik peninggalan leluhur yang mempunyai nilai sejarah sangat tinggi ini diabaikan oleh pemerintah dan tidak ada perhatian sama sekali.


Bertahun-tahun sudah penantian janji - janji dari berbagai pihak untuk membuat tempat yang dekat dengan Kandang Sapi tersebut menjadi lebih layak juga tidak pernah terealisasi. Akankah benda peninggalan bersejarah tersebut memang sengaja disembunyikan dari Publik sehingga tulisan atau prasasti yang merujuk pada sejarah peradaban nenek moyang itu biar tidak diketahui oleh generasi sekarang !


Damar Panuluh Nusantara (DPN) sebuah komunitas yang bergerak dibidang penyelamatan dan pelestarian benda-benda Purbakala terpanggil untuk membuat tempat yang terdapat peninggalan leluhur tersebut. Bekerjasama dengan Pemerintah Desa Siman, pengecekan area tempat Prasasti berada langsung dilakukan.



Tidak hanya 2 ( dua ) buah Prasasti yang tampak di Area tersebut, DPN meyakini masih ada bukti fisik artefak lain yang masih berceceran di sekitar lokasi dan Perlu secepatnya diselamatkan. Untuk itu, tim DPN akan mengagendakan Ekspedisi gabungan dengan Pemdes setempat, TNI, dan Masyarakat serta beberapa awak Media.


" Kita akan secepatnya melakukan Ekspedisi gabungan dan semoga artefak lainnya segera ditemukan dan nanti kita selamatkan ditaruh menjadi satu tempat dengan dua prasasti tersebut. Selain itu kami juga punya program untuk Giat Bakti membuat area lokasi Petilasan leluhur agar lebih layak. Dan semoga peninggalan leluhur  terawat dengan bagus serta bisa dijadikan aset Desa untuk kawasan Wisata Bersejarah sehingga mampu memberdayakan masyarakat sekitar. Dengan merawat dan melestarikan benda-benda peninggalan bersejarah sama hal nya kita Eling sama leluhur," Tutur Rianto selaku penanggung jawab Tim Damar Panuluh Nusantara, Senin (12/08/2019).


Terpisah, Kepala Desa Siman, Bapak Subagyo juga mengatakan sangat mendukung dan mensuport upaya Tim Damar Panuluh Nusantara dalam upaya nguri - uri peninggalan leluhur yang ada di wilayahnya. Bahkan Pemdes akan melakukan pendampingan secara langsung apabila ada ekspedisi.


" Sudah sering kali kami ajukan bantuan pembuatan cungkup dan sarana prasarana lainnya kepada pemerintah, namun hingga sekarang belum ada yang realisasi," terang Kades.

Reporter : DPN
Editor      : Hariono

Artikel Terkait

3 komentar

Della mengatakan...

Kumpulan artikel Kriminal, Hukum dan Peristiwa di TATAGBULENG.ONLINE

Della mengatakan...

Media online berita-berita Nasional silahkan klik di SIARANPUBLIK.ID

Della mengatakan...

Berita Kriminal, Hukum dan Peristiwa di LINTAS BATAS INDONESIA

Diberdayakan oleh Blogger.