-->

Kampung Sayur Organik Desa Tretek Wakili Kabupaten Sehat Di Tingkat Nasional



KEDIRI,TRIBUNUS.CO.ID - Salah satu Desa di Kabupaten Kediri Jawa Timur tepatnya di RT 01 RW 09 Dusun Jombangan Desa Tretek Kecamatan Pare pada hari ini mendapat kunjungan dari tim Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional  dan Kementrian Kesehatan dari Jakarta  dikarenakan kampung tersebut mempunyai inovasi budidaya tanaman sayur sehat, yang menyulap kampung biasa menjadi kampung yang berjejer tanaman hijau sayur organik dengan sebutan nama Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Sinar Gemilang.

Kunjungan tim Verifikasi bersama rombongan siang itu langsung disambut oleh warga, kelompok KRPL ,Intansi Pemerintahan Desa Tretek ,Instansi Pemerintahan Kecamatan Pare, Intansi Pemerintahan Kabupaten Kediri langsung menuju ke lokasi budidaya tanaman sayur organik yang berada di jalan RT 01 RW 09.


Deretan tanaman sayur organik di Kawasan Rumah Pangan Lestari RT 01 RW 09 Sinar Gemilang nampak terlihat indah disepanjang tepi jalan maupun halaman rumah warga RT 01 RT 09 yang diinisiatori oleh Ketua RT bapak Darsino (58) sejak beberapa tahun yang lalu.

Kampung sayur organik KRPL Sinar Gemilang di RT 01 RW 09 Dusun Jombangan Desa Tretek ini memang sejak beberapa tahun yang lalu namanya sudah diangkat dimedia sosial sehingga mampu menarik perhatian pecinta sayur organik dari luar daerah untuk membeli langsung  kelokasi.


Di sepanjang kawasan KRPL Sinar Gemilang jalan RT 01 RW 09  warga memanfaatkan halaman rumahnya untuk menanan tanaman sayur organik jika dipandang dari jarak jauh maupun dekat maka akan terlihat indah,rapi nan sejuk tentunya akan berdampak sehat bagi warga yang tinggal di sekitarnya.


Sepanjang deretan halaman rumah warga dengan warna warni tanaman sayuran organik, disana tim verifiakasi bersama rombongan melakukan penilaian dan pembinaan serta berinteraksi langsung dengan warga.


Selain tanaman sayur organik, rombongan tim verifikasi yang dipimpin oleh Bapak Abdul Malik Setia Budi dari Kementrian Kesehatan juga sempat mencicipi beberapa prodak olahan masakan warga RT 01 yang siap saji dari bahan sayuran dan buah buahan .



Usai melakukan peninjauan penilaian ,tim Verifikasi  beserta rombongan kemudian menuju ke Kantor Desa Tretek untuk melihat beberapa hasil karya dan potensi Desa Tretek melalui pemutaran film.


Ketua RT 01 RW 09 bapak Darsino dari KRPL Sinar Gemilang mengungkapkan rasa terima kasih sebesar besarnya terhadap tim verifikasi dari Pusat  yang berkenan hadir di kampung kami pada hari ini , mudah mudahan dengan adanya kunjungan dan penilaian ini nanti hasilnya mampu memotifasi warga di RT kami dan budidaya ini bisa berkembang  di RT RT lainnya" Ucap Darsino kepada tribunus.co.id Kamis (5/9/2019).


Ia berharap usai mendapat kunjungan dari tim verifikasi, warga RT 01 RW 09  semakin gencar, bersemangat dan terus merawat serta mempertahankan kampung sayur organik sehingga bisa mengembang dan ditirukan oleh RT RT lainnya maupun desa desa yang ada di Kabupaten Kediri"jelasnya.

Lebih lanjut Ia menuturkan "Selain sebagai wahana hiburan, kami berharap tanaman sayur organik ini bisa dikelola dan dimanfaatkan oleh warga sebagai wahana penghasialan untuk kebutuhan sehari hari " pungkasnya.



Sementara Menteri Kesehatan Abdul Malik Setia Budi dalam kunjungannya sangar mengapresiasi upaya warga RT 01 RW 09 dalam membudidayakan dan mengembangkan tanaman sayur organik yang ditanam disetiap halaman rumahnya masing - masing , karena ini merupakan bagian dari gerakan masyarakat hidup sehat" tutur Abdul Malik kepada tribunus.co.id.

Ia menjelaskan tujuan penilaian dari tim verifikasi kabupaten maupun kota sehat tingkat nasional merupakan upaya pemerintah dalam menciptakan masyarakat yang bisa hidup mandiri dengan cara sehat.

Dari segi penilaian ,tentunya ada beberapa tatanan yang dinilai oleh tim verifikasi , dan di Desa Tretek Ini terpilih sebagai desa dengan nilai  tatanan ketahanan pangan dan gizi dan ini sudah luar biasa apalagi penggerak mulanya dimotivatori oleh Ketua RT yang memiliki inovasi bagus"pungkasnya .

Dalam acara ferivikasi kabupaten sehat tingkat nasional yang berlangsung di desa Tretek tersebut dihadiri oleh Kementrian Kesehatan bapak Abdul Malik Setia Budi, Dinkes Jatim Ibu Ari Budiarsi, Ketua PKK Kabupaten Kediri Ibu Rosyidah Masykuri, kelompok KWT dari berbagai kecamatan, BPP Pare, PKK Pare, KLH Kediri,BKPS ,KRPL Kecamatan dan Undangan, DKPP Kabupaten Kediri, SDN 3 Tretek ,Kader Posyandu, Mahasiswa dan UPT Pelatihan Pertanian Kabupaten Nganjuk dan lain lain.
(har)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama