Header AD

Selamatkan Udara, Satgas Yonif R 142/KJ Gandeng Pelajar dan Masyarakat Menanam Pohon

Loading...




Belu, NTT, www.tribunus.co.id  - Dalam rangka menjaga dan mempertahankan ekosistem serta kualitas udara, personel Pos Nanaenoe bersama pelajar dan masyarakat melakukan penanaman pohon di wilayah perbatasan RI-RDTL Desa Nanaenoe Kec. Nanaet Duabesi Kab. Belu NTT.

"Kegiatan penanaman pohon ini dipimpin langsung oleh Letda Inf M. Panjaitan selaku Danpos Nanaenoe bersama 6 orang personelnya, 15 orang pelajar kelas 6 SD Inpres Nanaenoe serta masyarakat sekitar. Penanaman ini sendiri bertujuan untuk menjaga ekosistem alam dan mempertahankan kualitas udara di daerah perbatasan RI-RDTL," ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos., M.M., selaku Dansatgas di Mako Satgas Atambua, Jumat (29/11/2019).

Selain itu untuk mengantisipasi tanah longsor akibat hujan dan menahan erosi tanah yang ditimbulkan akibat derasnya debit air pada saat musim penghujan.

"Yang tidak kalah penting lagi, tujuan penanaman pohon bersama ini adalah untuk penghijauan," tegas Dansatgas.

Sebagaimana kita ketahui bersama, daerah perbatasan terdiri dari pegunungan curam dan sungai-sungai, banyaknya aksi pembalakan dan penebangan pohon secara liar menimbulkan longsornya tanah di daerah pegunungan.

Serta tidak adanya kesadaran dari pelaku penebangan pohon secara liar untuk menanam kembali pohon yang ditebang, menyebabkan longsor dan pergeseran tanah di daerah perbatasan.

"Kami berharap, dengan adanya kegiatan penanaman pohon secara bersama-sama ini dapat meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan alam, sehingga kondisi hutan di pengunungan yang gundul dapat hijau kembali," ucap Dansatgas.

Jenis pohon yang ditanam adalah jenis pohon Gamal yang berjumlah sekitar 200 batang.



Terpisah, Bpk. Matheus Kehi (45) selaku Seketaris Desa Nanaenoe mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Satgas Yonif R 142/KJ.

"Saya mewakili warga masyarakat mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI yang telah menjadi motivator dalam kegiatan penghijauan kepada pelajar dan masyarakat di desa kami," ungkapnya. (Satgas Yonif R 142/KJ)
Selamatkan Udara, Satgas Yonif R 142/KJ Gandeng Pelajar dan Masyarakat Menanam Pohon Selamatkan Udara, Satgas Yonif R 142/KJ Gandeng Pelajar dan Masyarakat Menanam Pohon Reviewed by LBI on Sabtu, November 30, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar