Aksi Penyelundupan BBM Jenis Premium dan Solar Berhasil Digagalkan Anggota Kodim Alor - TRIBUNUS.CO.ID

Aksi Penyelundupan BBM Jenis Premium dan Solar Berhasil Digagalkan Anggota Kodim Alor




Alor, NTT, tribunus.co.id – Komandan Koramil 1622-03/Maritaing Lettu Inf Panuel Tangledang bersama anggotanya berhasil menggagalkan praktik penyelundupan Bahan Bakar Minya (BBM) jenis Premium dan Solar ke Lirang/Wetar dan negara Timor Leste.

Total jumlah BBM ilegal jenis premium dan solar yang hendak diselundupkan ke Lirang/Wetar dan negara tetangga Republik Demokrat Timor Leste (RDTL) itu sebanyak 180 jerigen yakni 30 jerigen terisi BBM masing-masing jerigen 33 liter dan 150 jerigen belum terisi kerena aksi mereka sudah tercium aparat.

Aksi penggagalan penyelundupan BBM jenis solar dan premium itu dilakukan oleh Danramil 1622-03/Maritaing bersama anggotanya, pada Selasa (18/2/2020) (9/12/2018) pukul 13.30 wita di sekitar pesisir pantai Taramana, Dusun Mubaka RT.6 RW.3 Desa Taramana, Kecamatan Alor Timur Laut, Kabupaten Alor.

“Babinsa saya Sertu Charles Mali, subuh sekitar jam 08.00 pagi mendapat laporan dari pihak masysrakat setempat bahwa ada kapal yang sedang berlabuh di pantai dan tidak seperti biasa. Dari laporan itu, Babinsa melaporkan kepada saya sebagai Danramil. Saya perintahkan segera mengecek ke lokasi” kata Danramil.

Danramil menjelaskan, dari hasil pengecekan dilapangan memang benar kapal tersebut mengalami kerusakan dibagian mesin sehingga tidak dapat melanjutkan pelayarannya. Babinsa melaporkan kepada saya sebagai Danramil dan saya melaporkannya kepada Komandan Kodim 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar,S.Ag.

“Dari situlah Komandan Kodim 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar,S.Ag memerintahkan saya bersama anggota untuk lakukan pengendapan dan pengecekan ke TKP. Ternyata dari pengecekan, ada aksi anak buah kapal yang mencurigakan disemak-semak. Kami pun langsung bergerak menuju sasaran dan menemukan ratusan jerigen. Ada 30 sudah terisi BBM dan 250 belum karena aksi mereka sudah ketahuan. Setelah ditanyai, BBM tersebut akan diselundupkan oleh pemilik kapal yang rusak ini ke Lirang/Wetar dan Timor Leste, jelas Lettu Panuel Tangledang.

Dandim 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag saat dihubungi media membenarkan adanya aksi penggagalan penyelundupan BBM oleh anggota Koramil 1622-03/Maritaing. Dandim menyampaikan bahwa, saat ini semua barang bukti yakni 30 jerigen berisi BBM premium dan solar, 150 jerigen kosong bersama pemilik kapal untuk sementara sudah diamankan di Makodim 1622/Alor selanjutnya akan diserahkan kepada pihak Polres Alor, kata Dandim.

“Informasi yang didapatkan dari pemilik kapal bahwa memang benar ada 30 jerigen sudah terisi BBM dan 15p jerigennya belum terisi karena aksi mereka sudah diketahui oleh Babinsa,” tambah Dandim.

Sementara, Sekretasi Desa Taramana Bapak Marten Letde kepada media menyampaikan rasa terima kasih masyarakat kepada pihak TNI Kodim 1622/Alor dengan sigap berhasil menggagalkan aksi penyelundupan BBM ke luar wilayah Kabuapten Alor dan negara tetangga kita RDTL.

“Kita di Alor saja masih kekurangan BBM tapi kok ada oknum yang denagn enaknya mau sekundupkan ke luar daerah. Kami sanagt berterima kasih buat Kodim 1622/Alor,” ucap Letde.     (jef/tim)
Loading...
Aksi Penyelundupan BBM Jenis Premium dan Solar Berhasil Digagalkan Anggota Kodim Alor Aksi Penyelundupan BBM Jenis Premium dan Solar Berhasil Digagalkan Anggota Kodim Alor Reviewed by tribunusantara on Rabu, Februari 19, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar