Poktan Desa Tanggung, Padang Mendapat Pendampingan Penyemprotan Hama Wereng - TRIBUNUS.CO.ID

Poktan Desa Tanggung, Padang Mendapat Pendampingan Penyemprotan Hama Wereng



Lumajang, tribunus.co.id – Sebagai upaya khusus (Upsus) terwujudnya tujuan program Ketahanan Pangan Nasional, Babinsa Tanggung Koramil 0821/20 Padang memberikan pendampingan terhadap petani dalam kegiatan Penyemprotan Serentak Hama Wereng, di lahan Kelompok Tani (Poktan) Wargo Manunggal Desa Tanggung Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Selasa (18/2/2020).

Saat kegiatan tersebut, Babinsa Tanggung Koramil 0821/20 Padang Sertu Paisan mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya TNI dalam bersinergi bersama Poktan untuk membantu meningkat kesejahteraan masyarakat dalam bidang pertanian.

"Keberhasilan dalam pertanian akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat. Dengan begitu masyarakat akan terpenuhi persediaan pangan dan kesejahteraan masyarakat akan terjamin", katanya.

Ia menambahkan, bahwa pada saat musim penghujan populasi hama wereng akan meningkat, sehingga perawatan terhadap tanaman padi membutuhan perhatian khusus.

“Dengan kegiatan ini, hama wereng yang menyerang lahan sawah petani dapat dikendalikan dengan baik, sehingga tidak sampai meluas yang dapat menyerang lahan sawah kelompok tani yang lain,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Koordinator Lapangan Unit Pelaksana Teknis Balai Penyuluhan Pertanian (UPT BPP) Kecamatan Padang Sugeng Purnomo mengungkapkan, bahwa dalam melakukan pengendalian hama wereng, penyemprotan merupakan solusi yang paling sering digunakan oleh para petani.

"Sebenarnya penyemprotan hama wereng tidak jauh berbeda dengan penyemprotan hama yang lain, hanya saja terdapat teknik khusus yang perlu diperhatikan ketika akan menyemprot hama ini", ungkapnya.

Selain itu, disampaikan dia, bahwa kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memberantas ganguan hama wereng, sehingga petani dapat meningkatkan hasil produksi padinya secara maksimal.

“Semoga kegiatan ini dapat membantu menyelamatkan musim panen mendatang, sehingga hasil yang didapat sesuai dengan harapan,” harapnya. (Pendim 0821/By)
Loading...
Poktan Desa Tanggung, Padang Mendapat Pendampingan Penyemprotan Hama Wereng Poktan Desa Tanggung, Padang Mendapat Pendampingan Penyemprotan Hama Wereng Reviewed by tribunusantara on Rabu, Februari 19, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar