-->

15 Fakta Tentang Kopi, Tahukah Anda?




Kopi merupakan minuman yang paling populer di dunia dan paling banyak peminumnya di dunia. selain itu kopi juga memiliki fakta menarik yang jrang di ketahui orang. Berikut ini adalah fakta menarik tentang kopi.

1. Kopi pertama kali di temukan oleh seorang penggembala kambing asal Ethiopia, yang menemukan sejenis biji-bijian yang membuat kambing-kambing gembalaannya bertingkah aneh dan menari-nari setelah makan biji-bijian tersebut. Biji-bijian ini kemudian dikenal dengan nama kopi.

2. Pada zaman dulu cara mengkonsumsi kopi bukan di minum, tetapi di kunyah. Suku-suku di benua Afrika mencampur lemak hewan dengan kopi dan dimakan sebagai makanan penambah energi.

3. Pada masa perkembangan agama Islam, Orang dilarang meminum alcohol, tetapi di perbolehkan meminum kopi. hal ini mendukung kepopuleran perkembangan kopi dalam sejarah dunia.

4. Kopi hanya bisa tumbuh di Bean Belt, yaitu daerah yang mempunyai iklim tropis yang di lintasi garis khatulistiwa, di Amerika sendiri, perkebunan kopi hanya ada di Hawai.

5. 70 persen penduduk dunia mengkonsumsi kopi arabica, yg lebih beraroma dan ringan. sisanya yang 30% mengkonsumsi kopi robusta yang lebih pahit dan mempunyai kandungan kafein 50% lebih banyak dibandingkan dengan kopi arabica.

6. Pohon kopi secara alami dapat tumbuh sampai 9 meter, tetapi untuk lebih mempermudah proses pemetikannya, pohon kopi di budidayakan untuk tumbuh hanya 3 meter saja.

7. Biji kopi sebenarnya merupakan benih yg berada dalam buah berry berwarna merah.

8. Kopi merupakan komoditas nomor 2 yg paling banyak di perdagangkan di dunia. Minyak berada di urutan pertama.

9. Di tahun 1906, seorang Imigran asal Belgia yang tinggal di Guatemala bernama George Washington menemukan cara pembuatan Kopi Instan.

10. Jenis kopi Espresso sebenarnya bukanlah jenis biji kopi, tetapi nama proses pembuatan kopi dengan cara mengalirkan air panas melalui bubuk kopi yg sudah digiling halus.

11. Kopi luwak yg berasal dari Indonesia adalah jenis kopi ternahal di dunia, harganya mencapai 1 juta rupiah per cangkir kopi.

12. Brasil merupakan negara penghasil kopi terbanyak di dunia dengan memproduksi kopi sebanyak 2,5 juta ton dalam setahun.

13. Rekor dunia untuk kategori meminum kopi terbanyak adalah 82 cangkir kopi yg dihabiskan dalam waktu 7 jam.

14. Penduduk di kota New York meminum kopi 7x lebih banyak dibanding penduduk kota kota lainnya di Amerika serikat.

15. Finlandia merupakan negara pengkonsumsi kopi terbanyak di dunia, dan kemudian di susul oleh Norwegia di posisi kedua sebagai negara pengkonsumsi kopi terbanyak di dunia.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama