-->

Tradisi Adat Suku Tengger Yadnya Kasada di Gunung Bromo semenjak tahun 1942 Saka sampai saat ini masih menjadi budaya turun temurun



Tribunus.co.id-Probolinggo. Acara tahunan Adat Tradisi Suku Tengger yang di jalani sejak nenek moyang Suku Tengger kembali di rayakan oleh Suku Tengger di kawasan Gunung Bromo, Pada hari Senin 06/07/2020, sekira pukul 07.00 samapi 16.00 wib.

Dalam acara tersebut Bupati Probolinggo, Dandim Kapolres Probolinggo turut memberikan ucapan selamat kepada yang merayakan Hari Yadnya Kasada khususnya Warga Suku Tengger Gunung Bromo. aparat PAM yang turun untuk pengamanan terdiri dari TNI Koramil 0820/08 Sukapura 16 org, POLRI Polsek Sukapura 11 org, POL PP Kec. Sukapura 8 org, dan Dishub 4 org.

Dinas Kesehatan 23 org (9 mobil bulance)  Relawan terdiri dr  LKD, Linmas Desa Ngadisari,  Wonotoro, Jetak,  Wonokerto,  Sapikerep 250 org, Jaga baya gabungan 4 kabupaten 500 org


Dalam acara tersebut seperti Pengecekan kesiapan petugas PAM di Pos Ds. Sapikerep, Ds Nadas, Ds. Ngadisari, pintu TNBTS, menyeleksi Pengunjung dengan mengecek KTP dan Penempatan personil PAM baik TNI,  POLRI, POL PP,  Dinas Kesehatan,  DISHUB,  LINMAS,  JAGA BAYA,  RELAWAN sesuai kebutuhan baik di POS Pengecekan,  Pure Poten,  Lautan Pasir dan beberapa titik kerumunan warga yg melaks Ritual YADNYA KASADA dr 4 Kabupaten.

 Kegiatan masyarakat terdiri ,sebagian besar melaksanakan mendatangi Pure Poten lautan pasir Gunung Bromo dan tempat sakral lainnya di lautan untuk melaksanakan Ritual doa dan kembali kerumah masing-masing.

Adapun Sebagian Masyarakat juga melaksankan sesajen dilanjutkan melaksanakan Ritual Doa dan dilanjutkan LARUNG SESAJI di kawah Gunung Bromo,  berangkat dari Pure Poten Pkl 03.30 wib.
Selain kegiatan diatas masyarakat juga mengadakan Ritual Pasar tumpah di lautan Pasir Gunung Bromo, namun dlm situasii Pandemi Covid - 19, jumlah penjual pasar tradisi jauh dikurangi,  serta meniadakan Sound Sistem yg biasa digunakan selama pelalsanaan Ritual YADNYA KASADA.
Didalam pelaksanaan YADNYA KASADA kali ini meniadakan Ritual pengukuhan terhadap pemangku wilayah,  Bupati. Dandim,  Kapolres.

Dalam pelaksanaan BUPATI,  KAPOLRES datang ke Hotel WISMA ucik dm rangka kunjungan pelaksanaan YADNYA KASADA, Hingga saat ini Senin tgl 06/07/2020 pkl 06.00 Wib Kapolres Probolinggo masih singgah di POLSEK Sukapura

Selama acara berlangsung, giat berjalan dengan tertib dan lancar.

(YZ)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama