-->

Otsus Gagal Salah Kaprah



JAYAPURA - Salah satu kepala suku di Kota Jayapura, Gerson Yulianus Hassor menilai stigma yang dibangun oleh  sekelompok orang yang menolak perpanjangan Otsus Jilid II sangat keliru. Mengingat sejauh ini Otsus yang diberikan sangat membantu proges pembangunan di segala bidang di Papua.

"Mereka itu keliru, Otsus selama ini tidak gagal. Otsus sangat berguna bagi masyarakat Papua," ungkapnya ketika diwawancarai, Jumat (7/8) sore.

Menurutnya Otsus selamat ini sudah cukup membawa perubahan besar bagi kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua. Namun yang harus menjadi catatan penting yakni Otsus yang berjalan selama ini harus dievaluasi agar lebih optimal, bukannya menolak Otsus atau menganggap otsus gagal.

"Kita bangga pemerintah pusat memberikan otsus bagi orang Papua, bukan hanya uang yang diberikan pemerintah pusat kepada Papua, melainkan sebuah kewenangan yang saat ini telah di tetapkan oleh pemerintah bagi orang asli Papua dari berbagai sektor," tegasnya.


Untuk perubahan sendiri, menurut Gerson banyak dapat terlihat salah satunya contoh kecilnya yakni kesempatan yang besar bagi anak Papua dalam mendapatkan segala pelayanan.

"Kalau bilang Otsus gagal itu salah Kapra. Otsus itu sudah sangat baik menolong masyakat Papua, hanya saja harus di evaluasi dan di revisi agar semuanya dapat merasakan hal yang sama," ucapnya.

Sementara itu ia pun menduga adanya oknum yang memanfaatkan masyakat untuk menyampaikan penolakan terhadap Otsus Jilid II.

"Kalau tidak ada Otsus mau jadi apa. Banyak anak Papua yang sekolah gratis, hingga ke luar negeri bahkan kuliah menggunakan dana Otsus di luar Papua," cetusnya.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama